7 Saran dari para senior Agar Lolos Seleksi Beasiswa
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

7 Saran dari para senior Agar Lolos Seleksi Beasiswa

7 Saran dari para senior Agar Lolos Seleksi Beasiswa

Halo Para Scholarship Hunters! Bagaimana? Sudah membaca artikel “apakah kalian sudah pantas mendapat beasiswa”?. Sekarang saatnya kita cara tahu informasi lainnya. Mendapat beasiswa memang susah, bayangkan! Institusi akan memberimu uang secara Cuma-Cuma untuk belajar.  Tugas kita hanya berkuliah dengan rajin, mempertahankan IPK atau setidaknya menjadi mahasiswa aktif.

Yuk langsung ke informasi ke dua bagaimana cara mendapatkan beasiswa untuk para beginner. Tips ini berasal dari para mahasiswa internasional yang telah sukses mendapatkan biaya pendidikan. Dan ini yang mereka katakana

1. Apply sedini mungkin

Nasehat untuk memberikan berkas pendaftaran sedini mungkin bisa jadi adalah nasihat yang paling sering kamu dengar. Nyatanya, para sumber kita juga mengatakan hal yang sama. Bahkan Alexis Csizmazia mahasiswa yang menerima beasiswa dari QS-IE University scholarship mengatakan “ Sekolah hanya mempunyai dana terbatas untuk beasiswa, semakin cepat Anda mendaftarkan diri, semakin cepat sekolah mengenali dan mempertimbangkan Anda”

2. Sering-sering cek website resmi universitas

Agar hunting beasiswa lebih fokus, Kamu harus tau dulu ke universitas mana kamu akan melanjutkan study. Setelah itu, sering-sering kunjungi websitenya. Biasanya admin web akan memposting pengumuman jauh-jauh hari dari deadline. Cara ini juga lebih efisien dari pada menunggu pengumuman di website beasiswa secara global.

Saat pengumuman sudah keluar, perhatikan seluruh persyaratan dengan teliti. Catat juga kapan batas pengiriman aplikasi.     

teliti-tips dapat beasiswa -scholarship- beasiswa luar negeri- kuliah di luar negeri

3. Perhatikan topik essay

Salah satu penilaian untuk calon penerima beasiswa adalah essay. Luangkan waktu lebih lama saat mengidentifikasi tema essay. Breakdown  seluruh keyword dan pahami apa sebenernya mereka maksud. Kamu diperkenankan untuk membuat essay dari berbagai referensi selama itu masih bersifat original.

4. Biarkan orang lain mengkoreksi

Dengan sering meneliti dan membiarkan orang lain ikut membacanya, typo –salah tulis- dan beberapa kesalahan lain bisa dikurangi. Kamu juga bisa meminta temanmu untuk memberi masukan dan kritik. Feedback ini akan membantumu mengevaluasi essay maupun aplikasi sebelum dikirimkan.

5. Cari alternative

Ketika Kamu diharuskan spesifik memilih universitas – seperti pada nomor 2-, bukan berarti kamu hanya memeiliki 1 opsi. Pikirkan juga plan B atau alternative lain. Saat beasiswa dari universitas di Plan A, Setidaknya kamu masih mempunyai Plan B. Alternatif ini dapat di cari di website, buku atau bertanya pada alumni.

Cari beasiswa- tips lolos seleksi beasiswa

6. Time Management

Jika kamu telah apply ke lebih dari satu beasiswa, pastikan kamu mampu untuk mengatur waktu. Apalagi biasanya kita masih di sibukkan dengan rutinitas sekolah dan aktifitas yang lain. Jangan sampai, dengan mempunyai alternative justru membuatmu tidak matang di keduanya.

7. Apply , apply, apply!

Saran terakhir dari para penerima beasiswa internasional adalah

“Stop doubting yourself, and start applying!”

Di usia kita saat ini, terjatuh dan berdiri lagi adalah hal biasa. Segala hal besar tidak akan didapatkan dengan mudah bukan?  Tetap semangat. 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !