Universitas Terbaik di Indonesia dan Asia versi QS Rangking 2015/2016
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Universitas Terbaik di Indonesia dan Asia versi QS Rangking 2015/2016

Universitas Terbaik di Indonesia dan Asia versi QS Rangking 2015/2016

Setelah mendapat secarik kertas sakti bernama ijazah, kehidupan kita tidak akan seketika berubah. Justru perjuangan dimulai saat kata “LULUS” berhasil kita baca. Kemana kita akan melanjutkan sekolah. Di dalam ataukah di luar negeri. Jurusan apa yang akan kita ambil?. Otomatis pertanyaan-pertanyaan itu terlihat lebih sulit dibandingkan dengan UAN. Dan, masalahnya adalah, tidak ada pilihan ganda yang di berikan. Jadi mau bagaimana lagi? Kita harus lebih keras untuk mencari jawaban.

Lulus SMA

Jika tidak ada warisan perusahaan jangan berani abaikan jurusan

Dibandingkan dengan memilih kampus, jurusan menjadi hal yang paling urgent. Bidang yang kamu pilih pastinya akan berpengaruh banyak dalam hidupmu. Ya, karena kamu tidak akan mau belajar sampai dua kali kan. Nggak pengen 4 tahun mu belajar berakhir sia-sia pula?. Serius, salah jurusan adalah sebuah mimpi buruk. Mungkin kebahagianmu di masa kuliah akan kian meredup. Rasanya malas sekali pergi ke kuliah. Mendengarkan penjelasan dari dosenpun rasanya berat juga. Pun jika berhasil lulus kamu akan mulai dilema untuk masuk dunia kerja yang selinier. Nah, dari pada kamu mengalami semua ini, mending pertimbangkan dengan baik dulu jurusan apa yang cocok denganmu. Jangan sampai tak disetujui pula oleh orang tua. Jika perlu, lakukan tes minat bakat. Boleh juga untuk menemui konsultan untuk mendapat masukan dan juga gambaran jurusan

Saatnya memilih Universitas. Kalau bisa, pilih salah satu dari yang terbaik dibawah ini

Nah! Setelah kamu mengantongi jurusan yang cocok, saatnya untuk memilih kampus. Ada banyak sekali perguruan tinggi di luar sana. Baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta. Setiap kota mempunyai kampus kebangganya masing-masing. Lagi pula kita sudah terbiasa dengan adanya mahasiswa urban. Anak Semarang kuliah di Jakarta. Atau anak Jakarta kuliah di Semarang. Toh memang semua orang berhak mendapat pendidikan di kampus-kampus terbaik. Dari ribuan kampus di Indonesia, tentu tidak semuanya telah mempunyai nama. Bahkan ada beberapa yang izinya dicabut karena operasional yang tidak berjalan baik. Lantas, kampus Indonesia mana saja yang diakui oleh dunia?

Menurut QS World University Ranking 2015/2016, Universitas terbaik di Indonesia diawali dari urutan ke 358 dunia. Mereka adalah

  1. Universitas Indonesia
  2. Institute Teknologi Bandung (ITB)
  3. Universitas Gajah Mada
  4. Universitas Airlangga
  5. Institut Pertanian Bogor
  6. Universitas Diponegoro
  7. Institut teknologi 10 November
  8. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  9. Universitas Brawijaya

Sedangkan di ranah Asia, universitas terbaiknya berada di Singapore, Tiongkok dan Hongkong. Berdasarkan riset dari QS World University rangking 2015/2016 di dapatkan hasil seperti di bawah ini :

  1. National University of Singapore
  2. Nanyang Technological University, Singapore (NTU)
  3. Tsinghua University, China
  4. The Hong Kong University of Science and Technology
  5. The University of Hong Kong
  6. Seoul National University (Korea Selatan)
  7. Kyoto University (Jepang)
  8. The University of Tokyo (Jepang)
  9. Peking University (China )
  10. KAIST – Korea Advanced Institute of Science & Technology

Jurusan dan Kampus sudah di tangan, saatnya siapin kuda-kuda untuk pendaftaran

Setelah kamu yakin dengan jurusan yang kamu pilih dan pilihan kampus juga sudah didapat, saatnya konsen untuk pendaftaran. Jika kamu memilih salah satu diantara kampus diatas, kamu harus punya banyak persiapan. Karena yang jelas kamu akan punya banyak saingan. Jangan ragu untuk cari tips dan trik lolos seleksi. Boleh juga tanya senior agar cerita lebih variatif.  

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !