Tips "Pulang Kampung" Untuk Mahasiswa yang Kuliah Ke Luar Negeri
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Tips "Pulang Kampung" Untuk Mahasiswa yang Kuliah Ke Luar Negeri

Tips

tips saat pulang kampung, tips liburan dari luar negeri, kuliah ke luar negeri, konsultan pendidikan di Indonesoa

 

Yey!! Sebentar lagi natal dan libur akhir tahun. Bagi mahasiswa  yang kuliah ke luar negeri atau belajar jauh dari kota kelahiran, ini adalah saatnya untuk pulang kampung. Karena sudah di landa rindu rumah rasanya tidak sabar ingin segera berkemas dan lekas pulang. Eh! Tunggu dulu!. Terlalu excited untuk pulang tanpa persiapan akan mendatangkan masalah loh. Khususnya untuk mahasiswa internasional. Keluar masuk Negara orang tidak semudah keluar masuk kota sendiri. Ya nggak broh?

Pengalaman buruk juga pernah dialami beberapa anak Indonesia yang pulang tanpa persiapan matang. Seperti ketinggalan acara penting di kampus, tidak bisa mengikuti ujian dan yang paling parah diusir dari asrama. Waduh, mau pulang aja kok ribet ya?. Nggak kok, selama kamu mau menyempatkan sedikit waktu untuk menyiapkan semuanya dengan baik.

Kunjungi “International Student Office”

Step pertama yang harus kamu saat berencana pulang ke rumah adalah cari tiket dan pelajari “travel rule” dari International Student Office. Coba ceritakan rencana liburanmu dan tanyakan apakah ada hal-hal yang harus kamu urus sebelum take off. Tanyakan juga hal-hal yang masih kamu ragukan seperti lawful status.

Pastikan dokumen-dokumen penting selalu ada di dekatmu

Dokumen penting dan paspor harus selalu kamu bawa dan dalam keadaan aman. Jangan sampai ketiinggalan di rumah maupun di pesawat. Nggak mau dicekal saat mau ke Negara tempat kuliah. Nggak mau ribet ngurus ini itu kan? Yap! Makanya , jaga passpor dan dokumen itu untuk stay close.

Make Sure Kapan Ujian akan Berlangsung

Kejadian ini juga sering dialami oleh beberapa teman kita loh. Karena terlalu bersemangat pulang, atau karena mengejar jadwal pesawat, mereka melupakan tugas utama mereka sebagai seorang mahasiswa. Contohnya nih, seperti lupa kalau masih ada kelas dan yang paling gawat adalah ketinggalan ujian.

Untuk kasus ini, lebih amanya kamu menghubungi dosenmu terlebih dahulu. Cobalah untuk bertanya apakah ada kemungkinan ujian atau tugas dadakan. Jika mereka bilang “ada”, mintalah untuk kemungkinan mengambil ujian lebih cepat. Karena, mau tidak mau, tertinggal ujian dan sebuah tugas akan mempengaruhi nilaimu secara keseluruhan.

Jangan Lupa Untuk Membayar Seluruh Tagihan Terlebih Dahulu

Jika kamu berencana untuk pulang dalam waktu yang cukup lama, maka bereskan dulu semua urusan billing. Pertama adalah billing penginapan dan listrik. Nggak mau kan, balik-balik kamar kita udah milik penghuni lain. Infokan juga pada penjaga asrama atau siapapun penjaganya, agar sering-sering memantau kamar kita selama tidak ada. So, kita bisa jauh lebih tenang selama di rumah.

Upload semua tugas-tugas dan catatan pentingmu ke Internet

 Untunglah, system penyimpanan berbasis internet sudah sangat maju sekarang. Contohnya adalah dropbox.  Dropbox akan sangat berguna loh. Untuk apa sih? Apa lagi selain untuk berjaga-jaga seandainya ada tugas dadakan. Tidak perlu membawa buku yang akan membuat kopermu semakin sempit. Tidak perlu juga membawa flashdisk yang besar kemungkinannya untuk hilang. Kamu hanya perlu mengakses kembali semua datamu dan semua sudah beres  

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !