Prospek untuk Alumni Jurusan Psicologi
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Prospek untuk Alumni Jurusan Psicologi

Prospek untuk Alumni Jurusan Psicologi

Ada loh anak yang masuk jurusan psychology karena ingin bisa membaca fikiran orang lain. Waduh, anak psychology kan bukan mind reader . Pada dasarnya, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku kejiwaan manusia. Lulusan dari jurusan ini terkenal menjadi seorang HRD. Itu loh, bagian recruitment dan training karyawan. Tapi masa iya prospek jurusan psikologi hanya itu? Gimana kalau kamu ingin ambil jurusan ini tapi tak ingin bekerja di balik meja. Apakah mungkin? Mungkin aja dong! Berikut adalah pekerjaan apa saja yang bisa kamu persunting setelah lulus dari jurusan psicologi

Human Resource Development

Ya, dimulai dari yang paling umum. HRD memang didominasi oleh oleh para alumni jurusan psicologi. Bidang kerjanya sendiri adalah bagian recruitment, training, penggajian serta meningkatkan kinerja organisasi dan management. Tantangan terbesar bagi seorang HR adalah menemukan kandidat terbaik dan menekan angka turn over ( karyawan resign). Tahukah kamu, cari karyawan yang sesuai itu sama susahnya dengan seseorang yang sedang cari kerja.

Psicolog

Jika kamu melanjutkan jenjang sampai S2 dengan psikologi klinis, maka kamu berhak menjadi seorang psicolog. Kamu telah sah atau legal untuk mengeluarkan hasil tes psicologi. Biasanya seorang psicolog akan bekerja di rumah sakit, pemerintah dan swasta. Tantangan terbesar bagi seorang psicolog adalah mendampingi seorang penyakit jiwa atau anak yang pertumbuhan mentalnya terganggu.

Dosen Psicologi

Pekerjaan lain yang menunggumu setelah lulus dari S2 psikologi adalah dosen. Kembali ke lingkungan Universitas dan dunia pendidikan. Apabila kamu menjadi seorang dosen, maka kamu memiki kebebasan untuk mengajar sesuai bidang yang kamu dalami

Trainer

Bekerja sama dengan HRD, seorang trainer sangat dibutuhkan untuk pengembangan diri para karyawan. Mereka biasa diundang untuk memberikan pelatihan ataupun sesi motivasi. Seorang trainer harus memiliki public speaking yang baik. Ya kali, kalau trainernya gak seru kita juga pasti males dengerin dan ikutin kan?

Konselor

Keberadaan seorang konselor dibutuhkan diberbagai lini masyarakat. Baik di perusahaan – perusahaan swasta, pemerintah maupun LSM. Pada umumnya, seorang konselor bertugas untuk mendengarkan keluh kesah karyawan dalam sebuah perusahaan. Sedangkan konselor yang bertugas di LSM atau lembaga pemerintah lain mempunyai semangat untuk membantu penyembuhan psikologis perempuan, remaja atau anak-anak sesuai dengan areanya.

Guru BP/BK

Namanya juga masih sekolah , taraf kelabilan dan pubertas membuat banyak dari kita membutuhkan seorang BP/BK. Tantangan terbesar dari seorang guru BP/BK adalah kalau ketemu siswa bandel. Guru BP/BK juga harus pintar dalam menganalisa masalah yang sebenarnya terjadi pada murid tersebut dan gak asal main hukum aja. So, tugas utama seorang guru konseling adalah membimbing siswa dan membantu mengembangkan potensi siswa.

Marketing

Tahukah kamu? Banyak manager marketing sukses berasal dari jurusan psicologi. Kemampuan mereka dalam meneliti dan mengobservasi orang lain sangat bermanfaat dalam dunia bisnis. Dengan bekal tersebut, mereka akan mampu memahami market dan people behavior      

Penulis

Kamu adalah seorang mahasiswa psicologi dan hobi menulis? Selamat, kamu punya peluang besar loh! Soalnya, kamu bisa ambil profesi penulis buku maupun motivator tulis. Enaknya juga saat jadi penulis adalah kamu bisa bekerja secara freelance. Dimana dan kapan saja. 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !