Loading ...
HOME > NEWS > ALL > PERBEDAAN UNIVERITAS, COLLEGE, POLITEKNIK DAN INSTITUTE

Perbedaan Univeritas, College, Politeknik dan Institute

Perbedaan Univeritas, College, Politeknik dan Institute

Konsultasi gratis sekarang

x

Isi form berikut ini untuk info Kuliah ke Luar Negeri, Short Course, Les dan Tes IELTS/TOEFL!

Email harus diisi! Format Email: (yourname@address.com)!
Name harus diisi!
Mobile Number min 8 karakter & hanya berisi angka!
Password is same as your Protégé Community account
Password tidak cocok!

Pilih Gender

Pilih Tipe




Edu Financial Calculator

x

Selamat datang di Edu-Financial Calculator.

Kalkulator ini berfungsi untuk:

  1. Menganalisa keuangan Anda sebelum memilih sekolah luar negeri.
  2. Mengoptimalkan pilihan sekolah sesuai budget Anda.

Semakin akurat Anda mengisi, semakin tajam analisa kami. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami.

(*) Sebelum menggunakan Edu Financial Calculator, register terlebih dahulu!


Aptitude Test

x

Kamu sedang menggunakan fasilitas Aptitude Test kami.

Fasilitas ini memiliki fungsi sebagai referensi minat diri mu, kecenderungan dalam mengambil keputusan sehingga kamu bisa mengetahui bidang karir apa yang sesuai dengan dirimu dan sekolah terbaik untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Tidak ada jawaban yang salah atau benar, jawablah sesuai dengan kondisi dirimu dengan jujur, demi keakuratan analisa.

Perlu kamu ketahui bahwa data yang kamu isi akan dijaga kerahasiaannya dan tidak akan dipergunakan tanpa seizin pihak kamu dan keluarga.

Hubungi kami jika butuh bantuan.

Online Enrollment

x

Kamu sedang menggunakan fasilitas Online Enrollment kami.

Jika kamu ingin melakukan pendaftaran online silahkan isi data sebagai berikut:


Pilih Tipe

International English Test Schedule

x

Jadwal International English Test ini memungkinkan anda untuk melihat jadwal terdekat dikota anda.

Pilih jadwal test yang anda ingin ikuti dibawah ini:

Waktu kita masih SMP, pokoknya habis SMA itu belajarnya di kampus. Eh giliran waktunya daftar, kita dibuat bingung dengan banyaknya jenis kampus itu sendiri. Ada yang nyebut universitas, ada yang bilang politeknik. Banyak juga yang menyebut college, ada loh yang bilang itu institute. Jadi apa sih beda Universitas, Politeknik, College dan lainya  ?. Gak pake lama, cari tahu yuk !

Oh ya, sebelumnya udah paham kah kamu dengan perbedaan pendidikan akademik dan vokasi? Gampangnya sih kalau SMA itu akademik, sedangkan SMK adalah vokasi. Yap SMA kita akan belajar banyak teori. Sedangkan SMK 60% praktek langsung. Belajar matematika, Bahasa Indo dan Bahasa Inggris gak anak SMK ? Iya dong, cuman tak sebanyak anak SMA. Oke sudah cukup modalnya. Yuk lanjut.

Universitas

Universitas adalah jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Universitas merupakan perguruan tinggi dengan rumpun ilmu yang paling luas. Dengan kata lain, hampir semua jenis ilmu pengetahuan ada di universitas.

Institute

Mirip dengan universitas, institute juga menyelenggarakan pendidikan vokasi dan akademik sekaligus. Nah apa bedanya dengan universitas ? . Kalau Universitas sangat luas maka institute lebih spesifik. Contohnya adalah ITB dan ITS . Kedua institute terkenal di Indonesia ini lebih fokus pada bidang keilmuan sains dan teknologi saja.

Politeknik

Nah, kalau politeknik 100% akan mengajarkan pendidikan vokasi. Sudah pasti lingkungan dan pendidikan yang mahasiswanya dapatkan di sini adalah teknik seutuhnya. Praktikum adalah makanan sehari-hari. Materi diajarkan namun dalam porsi yang kecil

College

Istilah college banyak dipakai dalam system pendidikan di USA. Beda dengan Universitas, mahasiswa College akan lulus dalam waktu 2 tahun dengan gelar certificate. Setelah itu, mereka bisa langsung bekerja atau transfer ke universitas besar. Enaknya, pun kalau transfer, mereka akan tetap pada kelas ke 3. College sering jadi pilihan karena mempunyai kelas-kelas kecil. Suasana ini cocok untuk mahasiswa internasional yang masih membutuhkan adaptasi. College juga bisa menjadi cara lain untuk masuk ke Universitas yang system seleksinya super ketat. Katakanlah Diablo Valley Colege ke UC ( University of California) atau CSU ( California State University)

Hm…Kamu boleh memilih type kampus mana yang kamu inginkan. Namun sebelum pilih universitas, mantapkan dulu jurusanmu ya !

 

Copyright 2015 PT VIC Indonesia. All Reserved.