Perbedaan Tes SAT dan ACT
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Perbedaan Tes SAT dan ACT

Perbedaan Tes SAT dan ACT

Perbedaan Tes ACT dan SAT

Setiap orang pasti mempunyai masa sulit. Terutama saat kita dalam sebuah proses menggapai mimpi. Ada kerja keras, usaha tanpa batas dan juga doa yang mewarnai setiap langkah. Namanya juga masih belajar, kadang kita bingung dengan beberapa pilihan. Sibuk mempertimbangkan jalan mana yang paling cepat dan aman. Galau mempertimbangkan arah mana yan paling benar. Bagi kamu yang ingin kuliah ke Amerika, masa sulit dan mendebarkan itu terjadi dua kali. Pertama saat kamu harus dinyatakan lulus terlebih dahulu dan kedua adalah saat  kamu harus memenuhi standart nilai SAT atau ACT.

Yap, SAT dan ACT adalah tes yang diwajibkan oleh pemerintah USA untuk masuk ke perguruan tinggi. Keduanya serupa namun tak sama. SAT dan ACT hanya mempunyai perbedaan secara teknis. Secara garis besar tes SAT  terdiri dari 3 sesi, yakni : Critical Reading, Mathematics dan writing.

  1. Dalam sesi writing, materi yang diujikan adalah grammar, vocabulary, usage dan diction.
  2. Dalam sesi matematika, materi yang diujikan adalah operasi, aljabar&fungsinya, geometry, statistic, probabilitas dan analisis.
  3. Sesi  critical reading, ada dua hal yang dinilai critical reading itu sendiri serta sentence-level reading
  4. SAT cenderung berlaku di northeast (Toronto, Boston, Chicago, New York, Washington) , westcoast (San Fransisco, Denver, Los Angeles, Seattle, San Diego, dll)  dan eastcoast America (Philadelphia, New Jersey, Massachusetts, New York, dll.)

Bagaimana dengan tes ACT?

  1. ACT terdiri dari English 25%, Mathematics 25%, Reading 25%, Science Reasoning 25%.
  2. ACT banyak digunakan di Canada dan Midwest Amerika: Illinois, Iowa, Wisconsin, Kansas, Missouri, and Minnesota.
  3. Dalam sesi English, yg diuji adalah usage/mechanics dan rethorical skills.
  4. Dalam sesi Mathematics, yg diuji adalah algebra, geometry, dan trigonometry.(kalkulator diizinkan pemakaiannya).
  5. Dalam sesi Reading, yg diuji adalah kemampuan pemahaman membaca (reading comprehension), dimana jenis-jenis teks yg diberikan adalah prose fiction (short story atau potongan novel),  social science, humanities, dan natural science.
  6. Dalam sesi science reasoning , terdapat 7 teks yg diikuti 5-7 pertanyaan/teks, 3 teks berbentuk Data Representation dgn 5 pertanyaan/teks, 3 teks berbentuk Research Summary  dgn 6 pertanyaan/teks, dan satu teks berupa ‘Conflicting Viewpoints‘ dgn 7 pertanyaan/teks.

Harus lulus ujian nasional, mempunyai nilai TOEFL/IELTS oke dan lulus SAT atau ACT tidaklah mudah. Namun percayalah, kerja keras mu akan dibayar dengan hal setimpal.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !