Peluang Kerja Setelah Kuliah di Amerika
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Peluang Kerja Setelah Kuliah di Amerika

Peluang Kerja Setelah Kuliah di Amerika

Sebagai negara dengan ekonomi yang kuat dan mempunyai banyak pengaruh dalam berbagai aspek, Amerika tidak pernah sepi dari sorotan. Universitas yang dimiliki diincar banyak mahasiswa. Lapangan kerja di Amerika apa lagi. Sebagian besar ingin bekerja di negeri Paman Sam dalam waktu lama atau sekedar ingin cari pengalaman. Yah, apapun motifnya lah ya mencari pengalaman hidup adalah hal yang lumrah. Lantas, apakah benar kerja di Amerika itu susah?

Ada jalan besar jika kamu adalah mahasiswa internasional disana   

Mungkin akan terdengar agak susah jika kamu ingin kerja di Amerika tanpa bekal apapun. Salah satunya dengan bekal “kenal lingkungan” layaknya mahasiswa internasional. Setiap perusahaan pasti mengutamakan mereka yang telah paham kondisi lapangan dan juga mempunyai kualifikasi skill yang sesuai. Dua persyaratan ini tentu saja dapat dimiliki dengan mudah jika kamu adalah seorang mahasiswa internasional disana. Yang jelas, kamu akan mempunyai waktu lama untuk dekat dengan kehidupan sosial di Amerika. Kamu juga berpeluang besar mendapat pembelajaran terbaik dari kampus yang kamu pilih. Selain itu, pihak universitas tidak pernah absen untuk memberikan informasi peluang kerja bagi anak didiknya

Jadi, setelah kuliah di Amerika bisa kerja disana dong?

Ya! Dengan dua cara. Yaitu dengan visa kerja dan OPT atau Optional Practical Training Programme.

Optional Practical Program dapat dinikmati oleh mereka yang mempunyai visa F1. Selepas lulus, mereka berhak bekerja selama 1 tahun di Amerika sesuai bidang yang dipilih. Jika kamu mengambil program master, maka kamu juga akan mendapat hak kerja selama satu tahun kembali.

Bagaimana cara mendapat kesempatan OPT?

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengumpulkan formulir OPT I-20 internasional di kampus. Kamu bisa memulainya dengan bertanya pada student affairs atau kakak kelas yang mempunyai pengalaman lebih. Setelah berhasil, pihak universitas akan mengurus student and exchange visitors system (SEVIS). Kemudian, kamu akan menerima dokumen imigrasi baru.

Visa Kerja

Sebagai mahasiswa internasional, kamu bisa mendapat visa kerja dalam bentuk temporary working visa (H-1B). Dengan visa ini, kamu bisa bekerja di Amerika selama 3 tahun. Kamu juga bisa memperpanjang sampai sekitar 6 tahun.

 

 

Bagaimana cara mendapat visa kerja?

Visa kerja akan susah didapatkan jika kamu mengajukanya secara pribadi. Setidaknya, kamu harus mengantongi job offer dari sebuah perusahaan. Biasanya, perusahaan juga akan membantumu mengurus visa ini. Yah, jika memang kamu berkualitas dan pasti bisa memberi kontribusi, keberadaanmu pasti akan diperjuangkan    

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !