Pahlawan Baru yang Harus Kamu Tahu
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Pahlawan Baru yang Harus Kamu Tahu

Pahlawan Baru yang Harus Kamu Tahu

 

Hari pahlawan tahun ini ada yang spesial loh. Pasalnya, ada 10 nama pahlawan baru yang akan kian melambung. Apalagi dengan wacana pergantian gambar pahlawan di mata uang. Desain dari Bank Indonesia untuk mata uang baru ini rencananya akan dirilis pada akhir april tahun depan. Yap, semuanya akan menggunakan gambar baru. Namun sayangnya wajah-wajah pahlawan ini masih asing. Kenalan dengan mereka dulu yuk. Kita telisik sejarah dan jasa-jasa mereka pada negara.

Djoeanda Kartawidjaja 

Nama Djoenda Kartawidjaja terkenal berkar deklarasi djuanda pada tahun 1957. Deklarasi Juanda merupakan sebuah deklarasi yang menyatakan bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia yang menjadi kesatuan wilayah NKRI. Beliau lahir di Tasikmalaya pada 14 Januari 1991 dan menyelesaikan sekolahnya di Technische Hoogeschool te Bandoeng (THS) atau sekarang dikenal dengan ITB. Ir H Djuanda seorang abdi negara dan abdi masyarakat. Dia seorang pegawai negeri yang patut di teladai. Gagasanyapun telah sukses membuat Indonesia menjadi negara yang utuh. Bukan hanya tanahku Indonesi, Airku Indonesia namun tanah airku Indonesia  

Les Bahasa Inggris, Les TOEFL dan les IELTS, Les TOEFL dan IELTS terbaik, Konsultan Pendidikan, Konsultan Pendidikan di Indonesia

Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi

Sebenarnya, Beliau banyak dikenal dengan nama Sam Ratulangi. Lahir di Tondano, Sulawesi Utara 5 November 1890. Ratulangi adalah seorang aktifitas kemerdekaan Indonesia. Filsafat yang terkenal dari dirinya adalah “Si tou timou tumou tou” yang artinya manusia baru dapat disebut manusia jika sudah dapat memanusiakan manusia. Sepak terjangnya selain sebagai pahlawan nasional adalah karir Beliu sebagai seorang gubernur Sulawesi yang pertama. Dia meninggal di Jakarta dalam kedudukan sebagai tawanan musuh tahun 1949.

Frans Kaisiepo

Frans Kaisiepo lahir di Wardo, Biak, Papua. Beliau merupakan pahlawan nasional Indonesia dari tanah cendrawasih. Frans terlibat dalam Konferensi Malino. Konferensi ini membicarakan mengenai pembentukan Republik Indonesia Serikat. Dia juga pernah menjabat sebagai gubernur Papua antara tahun 1964-1973

Les Bahasa Inggris, Les TOEFL dan les IELTS, Les TOEFL dan IELTS terbaik, Konsultan Pendidikan, Konsultan Pendidikan di Indonesia

Idham Chalid

Dr. KH Idham Chalid adalah seorang politisi Indonesia yang berpengaruh pada masanya. Dia pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri. Selain itu, dia juga menjabat sebagai ketua MPR dan DPR sekaligus. Dia juga seorang politikus yang aktif dalam kegiatan keagamaan dan pernah menjabat ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama.

Mohammad Husni Thamrin

Mohammad Husni Thamrin lahir di Batavia 11 Januari 1941. Beliau merupakan seorang politisi era Hindia Belanda yang kemudian dianugrahi gelar pahlawan nasional Indonesia. Kiprahnya untuk menjadi seorang pahlawan nasional tidak mudah. Mmepunyai ayah seorang Belanda dan Ibu seorang betawi, Husni justru terkenal karena loyalitasnya pada budaya lokal. Dia sangat dekat dengan rakyat bahkan biasa mandi bersama di kali ciliwung. Dia merupakan tokoh penting di organisasi kaoem Betawi dan  dunia sepak bola Hindia Belanda (Sekarang Indonesia)


Cut Nyak Meutia

Bisa dibilang dia adalah wonder woman Indonesia sejati. Meskipun seorang perempuan, kepemimpinan dan semangat beliau untuk meraih kemerdekaan sangatlah tinggi. Sempat kehilangan suaminya saat pertempuran, Cut Nyak Meutia tidak pernah gentar. Beliau masuk dan bertahan di hutan lalu kemudian muncul lagi dan melakukan berbagai penyerangan. Hingga akhirnya, Cut Nyak Meutia harus gugur saat pasukanya bentrok dengan Marechausée di Alue Kurieng, Aceh.

Itulah nama-nama pahlawan yang akan muncul di mata uang baru Indonesia. Tujuan pemerintah menggunakan gambar mereka bukan hanya untuk seni. Namun sesungguhnya mereka layak untuk selalu dikenang dan dihargai jasa-jasanya.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !