Mengintip Jurusan Kedokteran di Indonesia dan Luar Negeri
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Mengintip Jurusan Kedokteran di Indonesia dan Luar Negeri

Mengintip Jurusan Kedokteran di Indonesia dan Luar Negeri

Setiap jurusan kuliah pasti menyimpan ceritanya masing-masing. Ada yang harus “bermain” dengan komputer setiap hari. Ada juga yang akan disibukkan dengan jajaran angka dalam jurusan matematika. Begitu juga dengan jurusan kedokteran. Jurusan yang konon menjadi jurusan prestige di Indonesia ini, tentu saja mempunyai kisahnya sendiri. Kira-kira apa saja ya yang akan terjadi padamu yang sudah niat bulat ambil jurusan kedokteran ?

Medicine atau kedokteran berasal dari bahasa latin “medicina” yang berarti “seni penyembuhan”. Secara global, jurusan kedokteran mempelajari obat-obatan dan merupakan seni dalam menyembuhkan penyakit baik fisik maupun mental pada manusia. Ketrampilan dalam dunia medis sudah dikembangkan sejak berabad-abad yang lalu. Dulu, orang menggunakan tumbuhan dan kulit binatang sebagai obat. Yah, meskipun sekarang teknologi sudah mengalami banyak kemajuan. Diagnosa dan alat operasi juga kian canggih. Tapi justru inilah yang membuat jurusan kedokteran semakin menarik dan menantang   

Apakah kamu cocok masuk dalam jurusan kedokteran?

Dibandingkan dengan jurusan lain, mahasiswa kodekteran membutuhkan waktu lebih lama untuk mengantongi ijin praktek. Selepas lulus, mereka harus melewati masa menjadi dokter muda. Mereka juga harus lolos seleksi UKDI atau (Uji Kompetensi Dokter Indonesia). Setelah itu, barulah mereka bisa membuka praktek atau menjadi dokter. Melihat perjalanan panjang ini, tidak ada sifat yang lebih penting selain tekad yang kuat. Kita juga diharuskan unuk menjadi seorang pekerja keras dengan motivasi yang tidak pernah padam. Selain itu, kita wajib punya mental yang kuat sekaligus rasa tanggung jawab tinggi.

Hal apa saja yang hanya dipahami oleh anak kedokteran?

Sudah jadi rahasia umum “ persaingan masuk jurusan kedokteran itu sesengit perang dingin “

Paradigma masyarakat pada jurusan kedokteran cukup tinggi. Banyak yang bilang, mereka adalah kumpulan orang-orang kaya dalam jurusan bergengsi. Alhasil, jurusan kedokteran tidak pernah sepi peminat. Setiap tahun ajaran baru, pendaftar kian membludak dan menimbulkan persaingan yang cukup sengit.

“Mereka bilang termasuk jurusan yang paling mahal”

Biaya kuliah di jurusan kedokteran lumayan akan membuatmu merogoh kocek yang cukup dalam. UKT terndah sekitar  Rp.500.000 dan paling mahal adalah Rp.22.500.000. Jalur mandiri juga lumayan. Di salah satu universitas di Indonesia sekitar lebih dari 170 juta untuk uang gedung.

“Praktikum adalah makanan sehari-hari yang tidak tergantikan”

Namanya juga kedokteran, agar tangan kian lihai dalam menggunakan mess dan peralatan lain, kita membutuhkan banyak praktek. Jadi jangan heran, praktikum bagi mahasiswa kedokteran seperti halnya makan. Hampir setiap hari. Main darah dan juga bedah mayat sudah biasa. Tak apa tangan gemetaran di awal, karena lama-lama mereka akan terbiasa.

Kampus terbaik untuk kuliah kedokteran  

Indonesia  :

  1. Universitas Sebelas Maret –UNS
  2. Universitas Andalas
  3. Universitas Udayana
  4. Universitas Padjadjaran
  5. Universitas Diponegoro
  6. Universitas Lampung
  7. Universitas Hasanuddin
  8. Universitas Sriwijaya
  9. Universitas Indonesia
  10. Universitas Gajah Mada

ASIA

  1. National University of Singapore (NUS)
  2. The University of Tokyo
  3. The University of Hong Kong
  4. National Taiwan University
  5. Seoul National University
  6. Kyoto University
  7. Osaka University
  8. Peking University
  9. The Chinese University of Hong Kong
  10. Fudan University 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !