Mengenal lebih dekat Victoria dan Melbourne
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Mengenal lebih dekat Victoria dan Melbourne

Mengenal lebih dekat Victoria dan Melbourne

Banyak orang salah memberikan jawaban saat ditanya “dimana kah ibu kota Australia”.Ada yang menjawab Melbourne, banyak yang menjawab Sydney ada pula yang menjawab Perth. Padahal. Ibu kota Australia adalah Camberra. Yah, hal ini wajar terjadi. Pasalnya, banyak kota di Australia yang memang terkenal modern dan menjadi pusat perhatian. Salah satunya adalah Negara bagian Victoria. Apa saja ya yang membuat daera ini begitu diminati?

 kuliah di Melbourne, kuliah di Australia, Education consultant in Indonesia

Gambaran Umum

Victoria merupakan salah satu Negara bagian di Australia yang beribu kota kan Melbourne. Meskipun Negara bagian ini relative kecil, tapi Victoria memegang rekor sebagai Negara bagian dengan jumlah penduduk tertinggi. Tapi secara kekayaan alam, Victoria tidak kalah dengan daerah lainya. Mereka memiliki padang pasir bahkan padang salju sekaligus. Kebudayaan di Melbourne juga sangat beragam. Saking banyaknya, Melbourne dijuluki sebagai “ibu kota budaya Australia”

Geografis dan Lokasi

Ada dua daerah pegunungan yang terbentang sepanjang Victoria. Pegunungan rendah di area pesisir selatan. Dan satu lagi, The Great Dividing Range sepanjang timur ke barat. Sedangkan wilayah utara Victoria terkenal jauh lebih kering.

Iklim

Victoria mempunyai cuaca yang berubah-rubah dan tidak dapat di tebak. Hal ini terjadi karena The Great Dividing Range yang memanjang dari daerah New South Wales. Sebelah selatan  The Great Dividing Range beriklim sedang dengan curah hujan normal. Sedangkan sebelah utara, jauh lebih panas dengan curah hujan sedikit.

Pendidikan

Victoria mempunyai 8 universitas besar yang spesialis dalam berbagai bidang. Universitas-universitas tersebut diantaranya :

  1. Victoria University of Technology
  2. RMIT University
  3. Monash University
  4. University of Melbourne
  5. Deakin University
  6. La Trobe University
  7. University of Ballarat
  8. Swinburne University of Technology.

Warga Victoria patut berbangga hati. Karena, mereka mempunyai universitas terbaik di Australia. Universitas itu adalah University of Melbourne yang juga menempati rank ke 44 dunia. Monash rank ke 5 di Australia dank e 101 di dunia dan Deakin university yang menempati urutan ke 12.

kuliah di melbourne, kuliah di Australia, Education consultant In Indonesia

Transportasi

Victoria khususnya Melbourne memiliki sistem transportasi umum yang sangat baik. Masyarakat biasa menggunakan pesawat untuk penerbangan domestik maupu internasional. Ada banyak tram - transportasi umum utama yang melayani rute ke daerah pinggir kota-, bus serta kereta api. Kereta api di Melbourne tidak hanya melayani perjalanan dalam kota. Kereta-kereta tersebut juga melayani ke perjalanan dari kota ke dalam pedesaan.

Kota-kota penting di Victoria

Melbourne 

Setelah Sydney, Melbourne merupakan kota terbesar ke dua di Australia. Berbeda dengan Sydney yang memang benar-benar metropolitan dan penuh dengan hiruk pikuk, Melbourne memberikan gaya hidup yang lebih konservatif dan teratur. Tapi, kelebihan dari Melbourne adalah nuansa "eropa" yang sangat kental dan terlihat melalui arsitektur kota. Keanekaragaman etnik serta budaya semakin memperkaya kota ini. Banyak seni teater maupun hiburan lain yang diselenggarakan setiap tahun. Selain itu, tata kota Melbourne terlihat semakin apik dengan banyaknya taman kota serta deretan toko yang tertata dengan rapi. Memang padat, tapi warga nyaman dengan system transportasinyanya yang benar-benar rapi.

Geelong 

Geelong berada di sebelah barat Melbourne. Kota ini di fokuskan sebagai kota industry yang sibuk. Tapi jangan salah, lokasinya yang berada di pesisir pantai membuat kota industry ini tidak sepenuhnya membosankan. Geelong memberi akses mudah pada warganya ke pantai dengan ombak besar. So, gaya hidup pantai begitu terasa di kota ini.

 

Ballarat

Kota yang berada 110 km sebelah barat laut Melbourne, mempunyai daya tarik historis tersendiri. Kota didominasi dengan jalan-jalan yang lebar dan gedung-gedung yang megah. Nuansa lampau di Ballarat semakin unik dengan budaya "angker" yang diciptakan warga. Salah satunya adalah budaya Ghost Hoaxing. Pada moment-moment tertentu, warga akan menggunakan kostum hantu dan saling menakuti satu sama lain. 

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !