Memilih Tempat Tinggal Saat Kuliah di Luar Negeri
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Memilih Tempat Tinggal Saat Kuliah di Luar Negeri

Memilih Tempat Tinggal Saat Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri

Siapapun yang telah memutuskan untuk belajar jauh dari rumah pasti akan mendapat sebuah kehidupan baru. Bahkan bisa jadi, ini adalah kehidupan yang selama ini hanya kita baca maupun tonton di sebuah film. Salah satunya adalah pengalaman hidup dan tinggal bersama orang asing. Hal ini lah yang acap kali dicemaskan oleh orang tua kita. Apakah kita bisa betah disana? Apakah kita akan merasa aman? Dan apakah kita akan bahagia menjalaninya?

 

Selama di luar negeri, tentu saja waktu kita tidak 100% dihabiskan di dalam kampus. Kita membutuhkan tempat tinggal yang juga perlu dipertimbangkan kenyamanannya. Biasanya mahasiswa asing dapat memilih, antara tinggal di housing/asrama yang disediakan di dalam kampus, student apartment maupung home stay. Ke tiganya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

memilih akomodasi saat kuliah di luar negeri

Home Stay bersama host family

Banyak keluarga di area kampus yang bersedia menerima mahasiswa asing di rumah mereka. Hanya saja setiap Negara mempunyai peraturan yang berbeda. Ada yang harus melewati perizinan khusus ada juga yang tanpa persyaratan apapun. Jadi tidak heran, host family yang ada kadang kala adalah seorang single parent, pensiunan, mempunyai beberapa anak kecil atau bahkan tidak sama sekali.

Jika kamu memilih tinggal bersama host family, tentu saja kamu akan benar-benar merasa mempunyai keluarga baru. Mengapa?

  1. Biaya lebih terjangkau
  2. Kamu tidak perlu pusing-pusing memasak atau mencari makan
  3. Hidup dengan budaya baru yang kental
  4. Menguasai bahasa asing lebih cepat

Tapi masalahnya, ada pro juga ada kontra. Jika kamu memilih host family maka bersiaplah untuk :

  1. Makan sesuai dengan menu keluarga baru
  2. Mempunyai jam malam dan peraturan bermain yang lebih ketat.
  3. Sering berinteraksi dengan anak kandung keluarga tersebut

Memilih Tempat Tinggal Saat Kuliah di Luar Negeri

Student Apartment

Student apartment biasanya bertaburan di daerah-daerah area kampus. Harga mereka dibedakan sesuai dengan zona. Zona satu tentu saja mempunyai harga yang jauh lebih mahal dari pada zona tujuh. Lantas apa pro dan kontra tinggal di student apartment?

     Pro

  1. Jauh lebih bebas (termasuk jam malam)
  2. Kita bebas masak memasak dan makan apapun yang kita mau
  3. Bertemu dan satu kamar dengan mahasiswa asing lain
  4. Mempunyai banyak teman sebaya
  5. Fasilitas sesuai dengan harga

     Kontra

  1. Keamanan belum pasti
  2. Resiko jauh dari kampus
  3. Mempunyai teman sekamar atau tetangga yang menyebalkan

Asrama

Asrama yang disediakan oleh universitas biasa disebut dengan housing. Gedung housing ini rata-rata berdiri di dalam kampus dan juga mempunyai penjagaan yang cukup ketat. Fasilitas yang diberikan tidak jauh berbeda.

Pro

  1. Akses ke sekolah lebih cepat dan mudah. Dengan tinggal di dalam area kampus, kamu akan lebih mudah menjangkau kelas, kantin dan fasilitas lain lebih sering dan cepat.
  2. Social life. Dengan tinggal di dalam asrama kampus, kamu mempunyai banyak kesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan banyak orang dari berbagai negara. Dengan hal ini , tentu saja kesempatan untuk saling bertukar informasi dan bertukar budaya akan semakin besar.
  3. Apapun yang kamu butuhkan akan berlokasi di area kampus. Seperti toko perlengkapan sehari-hari. Cafetaria untuk makan dan lain sebagainya.

Kontra

     1. Less Privacy  Ya, karena berada di asrama, kadang kala kamu akan menggunakan fasilitas umum seperti kamar madi dan aula. Jadi sering-sering bersabar ya saat antri.

      2.Kamu tidak bisa membawa terlalu banyak baju atau perabotan ke dalam asrama.

      3.  Selama 24 jam bersama banyak teman akan menuntut mu mempunyaimanagement waktu yang baik. Terlalu sering ngobrol ataupun bermain akan memberikan dampak negative pada nilai akademik mu nanti.

Dari ke tiga opsi diatas, manakah yang paling sesuai dengan dirimu? Vista sarankan untuk memilih tinggal bersama host family jika kamu ingin merasakan kehidupan dengan kebudayaan baru yang sesungguhnya. Jika kamu masih awal atau mahasiswa baru dan belum hafal sana-sini, lebih baik memilih asrama. Tapi jika kamu sudah hafal banyak jalan, yakin bisa menjaga diri denganbaik tentu saja kamu boleh memilih student apartment. Yang jelas, kuliah ke luar negeri adalah sebuah tanggung jawab besar dari keluarga. Tugas kita adalah menjaganya baik-baik dan kembali ke Indonesia dengan prestasi yang membanggakan.  

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !