Lebih Baik Belajar Otodidak atau Kuliah di Jurusan Fotografi
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Lebih Baik Belajar Otodidak atau Kuliah di Jurusan Fotografi

Lebih Baik Belajar Otodidak atau Kuliah di Jurusan Fotografi

Fotografi adalah bidang yang masih menjadi kontroversi. Mengapa? Karena banyak orang beranggapan fotografi berasal dari bakat. Jadi tak apa untuk mempelajarinya secara otodidak dibandingkan menempuh pendidikan resmi. Bagaimana dengan mu? Apakah menurutmu paradigma ini benar? Menurut Vista sih salah. Kenapa? Coba kita bahas satu persatu.

 

Kamu masih terlalu muda, belajar “sendiri” memberimu banyak sekali resiko

Kelemahan anak usia 17 an sampai 25 tahun tetaplah sama; labil. Suatu saat dia bisa suka sekali dengan sepak bola, namun tiga bulan kemudian pindah jalur. Ada yang getol banget ingin jadi dokter, eh ujung-ujungnya kepincut jurnalistik. Ya begitulah kita. Sama halnya jika kamu merasa punya bakat lalu memutuskan untuk belajar secara mandiri. Percayalah suatu saat rasa ketertarikanmu akan naik turun. Itu terjadi karena kamu tidak punya trigger. Belajar mandiri berarti kedisiplinan dan materi pelajaran sepenuhnnya bergantung pada “niatmu” . Bisa saja kamu disibukkan dengan kegiatan lain dan akhirnya kamu lupa. Pertanyaan yang muncul adalah “jadi, kapan bisa mahirnya?”. Setajam tajamnya pisau kalau tidak diasah akan berkarat.

Belajar akan memperkecil resiko kegagalanmu

Nggak lulus SMA bisa jadi pengusaha sukses, lalu kenapa harus kuliah bisnis?. Pertanyaan ini mirip dengan “udah bisa foto ngapain masuk jurusan fotografi”. Hellow, nggak semua orang bisa seberuntung itu. Belajar dengan menjadikanya sebagai jurusan adalah salah satu cara untuk meminimalisir resiko kegagalan. Kamu akan bertemu dengan teman-teman lain yang tertarik dengan bidang yang sama. Selain itu, kamu akan belajar dari pengalaman para professor.

Cari tahu dulu apakah jurusan fotografi memang cocok denganmu?

Fotografi adalah jurusan yang disiapkan untuk mahasiswa yang tertarik dengan seni maupun ilmu komunikasi. Selain itu, jurusan ini juga diperuntukan untuk mereka yang penasaran dengan kreatifitas dan bagaimana sebuah foto bisa berbicara. Beberapa hal yang mengindikasikan kamu cocok dengan jurusan fotografi adalah :

  1. Kamu menyukai seni, science dan teknologi
  2. Suka bermain dengan peralatan khusus
  3. Tertarik dengan klub jurnalis sekolah dan club fotografi
  4. Mampu bekerja secara mandiri

Kepribadian lain yang juga mendukung adalah :

  1. Memperhatikan detail
  2. Kreatif
  3. Sering mempunyai ide-ide liar
  4. Gigih
  5. Inisiatif

 

 Apa saja yang akan kamu pelajari dalam jurusan Fotografi

Jika kamu akhirnya memutuskan untuk kuliah dalam jurusan fotografi, kira-kira apa saja ya yang akan kamu pelajari?. Di semester pertama kamu akan mendapat fundamental design, form, warna dan komposisi. Kamu juga akan belajar mengenai cahaya. Sedangkan untuk kamera, kamu mulai dikenalkan dengan operational serta control seperti (fokus, shutter speed dan setting aperture).

Dibandingkan dengan teori, kamu akan lebih banyak berada dalam lapangan alias kerja praktek. Dimana kamu juga akan banyak menghabiskan waktu di studio. Baik tugas individu maupun tugas kelompok juga akan sering menghampirimu.

 

Pilihan Karir apa yang sesuai dengan alumni jurusan Fotografi

-          Photojournalist

-          Fine art photographer

-          Freelance photographer

-          Commercial or industrial photographer

-          Digital image technician

-          Wedding photographer

Sebagian besar fotografer akan bekerja menjadi freelance atau mendirikan studio foto mereka sendiri.       

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !