Jurusan Televisi dan Radio
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Televisi dan Radio

Jurusan Televisi dan Radio

Jurusan radio dan televisi mempersiapkan lulusannya untuk berkarir di dunia media interaktif. Secara umum, mahasiswa akan belajar seputar sound design/production, script writing, editing, produksi, performance dan Studio television production sales. Tidak menutup kemungkinan, Anda juga akan belajar pemrograman, desing grafis dan animasi

Apakah jurusan ini cocok untuk Anda?

Anda mungkin cocok untuk jurusan ini jika Anda menyukai:

  1. Bercerita dan menulis sebuah cerita
  2. Update berbagai event dan issue terbaru
  3. Gemar mengekspresikan ide dan opini
  4. Foto dan membuat video

Pertimbangkan jurusan radio dan televise jika Anda seorang :

  1. Detail
  2. Berfikir kritis
  3. Tipe organisator
  4. Inisiatif
  5. Kemampuan berbicara
  6. Kemampuan menulis

Tahukah Anda…

Program-program televisi dan radio masih digemari walaupun lifestyle masyarakat sudah beralih ke dunia internet. Terlebih lagi berbagai smartphone telah mendukung streaming TV maupun radio. Hal ini menunjukkan hiburan melalui radio maupun televise masih sangat diminati.

Serba serbi jurusan Televisi dan Radio

Saat Anda memutuskan untuk mengambil jurusan Radio dan Televisi, Anda akan mulai belajar semua hal tentang media di tahun pertama. Materi yang diberikan bisa berupa pengetahuan budaya, legal dan aspek ekonomi sebuah media sosial. Materi khusus seperti media law, sejarah penyiaran dan teknologi baru kemungkinan juga diberikan sejak semester-semester awal.

Meskipun banyak materi yang akan dipelajari, tidak berarti Anda akan menghabiskan waktu di kelas dengan “formal classroom”. Setelah mendapat materi, Anda akan diajak ke studio maupun lapangan langsung untuk praktek editing dan broadcasting. Dengan cara ini, Anda akan mengenal berbagai jenis software editing, pemrograman, pembuatan video documentary sampai liputan sebuah event.  

soundman-jurusan radio dan televisi - kuliah ke luar negeri - konsultan pendidikan di Indonesia

Kegiatan di Production classes akan lebih menantang. Anda kan bermain-main langsung dengan berbagai peralatan penyiaran TV dan radio. Anda juga akan berperan menjadi cameraman, sound dan audio man atau menjadi seorang newscasting dan reporter.

Melalui banyak praktikum dan kegiatan lapangan, mahasiswa akan terbiasa bekerja secara tim. Hal ini tidak terlepas dari seluruh kegiatan broadcasting melalui televisi maupun radio membutuhkan sebuah team work. Anda juga akan dibiasakan dengan berbagai obstacle yang mungkin terjadi selama proses produksi seperti masalah teknis, script terlalu panjang atau masalah-masalah lain. Jika Anda tertarik ke dunia penyiaran, sangat disarankan untuk memilih juruan ini sejak awal. Kesempatan partnership menjadi peluang lain yang bisa Anda ambil. Mahasiswa jurusan Televisi dan radio dapat bekerja magang di berbagai studio broadcast. Bisa jadi mahasiswa akan dilibatkan dalam produksi professional walaupun masih dalam internship.   

soundman-jurusan radio dan televisi - kuliah ke luar negeri - konsultan pendidikan di Indonesia

Karir dan Trend

Lulusan jurusan Radio dan Televisi dapat bekerja sebagai :

  1. Produser
  2. Penyiar TV
  3. Sutradara
  4. Manager studio
  5. Koordinator produksi
  6. Campers (Camera Person)
  7. Video editor
  8. Sound Designer
  9. Lighting designer
  10. Radio DJ

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !