Jurusan Paling Susah tapi Menjanjikan
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Paling Susah tapi Menjanjikan

Jurusan Paling Susah tapi Menjanjikan

Jika berbicara soal kuliah dan belajar, pasti tidak ada yang namanya gampang. Semua jurusan mempunyai kesulitan dan pengorbanan masing-masing. Ada yang membutuhkan ketelitian tingkat dewa, ada juga yang membutuhkan kreatifitas tinggi. Salah satu jurusan yang sudah terkenal membuat mahasiswanya “susah lulus” di Indonesia adalah kedokteran. Yah, walaupun membuat anak-anak fakultas kedokteran harus berdarah-darah biar bisa mendapat gelar. At least, lulusan dari fakultas ini selalu mendapat perhatian sendiri di dunia kerja. Dengan kata lain, jurusan boleh susah, tapi hasil memang terlalu worth it untuk di abaikan.

Nah! Dibawah ini ada beberapa list jurusan yang membutuhkan tenaga extra. Jurusan apa saja kah itu?

1. Engineering

Rasanya sudah tidak asing lagi betapa perjuangan anak teknik untuk bisa lulus. Di dunia maya pun, meme –entah kreasi anak teknik atau bukan- berhamburan  menggambarkan perjuangan keras yang harus mereka lewati. Bayangkan, anak teknik harus punya daya ingat tinggi untuk menyerap semua materi dan juga rumus. Mereka juga harus mempunyai fisik oke agar bisa praktikum dengan benar. Meskipun mereka telah semalaman mengerjakan sesuatu, kesalahan ukurun 0.01 cm saja akan merusak banyak hal. Itu mengapa angka drop out jurusan Enggineering cukup tinggi. Sekitar 60% setiap tahun.

jurusan paling susah lulus, jurusan paling ribet, jurusan bergaji besar

2. Life Science

Jurusan-jurusan yang masuk dalam ruang lingkup Life Science seperti anatomy, biochemistry, neuroscience, biology dan genetic memang merupakan jurusan yang membutuhkan para ahli kesabaran. Semua hipotesa harus diujicobakan dengan penelitian yang panjang. Tidak berhenti disitu, lulusan dari life science harus melewati masa intership dan residency untuk bisa berkarir di dunia medis atau bidang lain yang sesuai.

jurusam life science, jurusan paling susah, jurusan dengan gaji tinggi

3. Ilmu Ekonomi

Dengan semakin berkembangnya zaman, jurusan ekonomi terlihat sebagai jurusan yang strategis. Ilmu-ilmu dari materi ekonomi bisa dimanfaatkan agar kita tidak pernah salah dalam mengambil keputusan di setiap masalah ekonomik. Tapi masalahnya, banyak orang yang terlalu meremehkan jurusan ini. Mereka tidak tahu, jika mahasiswa ekonomi harus mengamati perilaku manusia dan juga trend bisnis. Untuk lulus, mereka harus mempunyai kemampuan verbal, konsisten dan berkemauan keras.

jurusan paling susah

4. Arsitektur

Jurusan arsitektur lebih dari sekedar jurusan menggambar dan berimajinasi. Para mahasiswa arsitektur harus berteman akrab dengan matematika, ilmu pengetahuan dan seni dalam satu waktu. Kesalahan 0,5 cm saat menggambar seharian bisa membuat mereka menggambar lagi hari ini. 

Tapi jangan langsung pindah haluan. Jurusan-jurusan di atas memang terlihat susah dan menakutkkan. Tapi sebandinglah dengan apa yang akan didapat oleh para lulusan nya nanti. Seorang teknisi fresh grad di Indonesia saja bisa mendapat upah 8 juta per bulan. Dan jika dia sudah pro, bisa jadi dia mendapat 150 juta per bulan. Untuk seorang ahli ekonomi bisa menjadi manager pemasaran dengan gaji 60 juta per bulan. Bagaimana? masih ingin mundur?

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !