Jurusan Entomology
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Entomology

Jurusan Entomology

Dunia binatang memang tidak ada habisnya untuk diulas. Mereka masih mempunyai banyak rahasia dan kejutan baru untuk keanekaragaman illmu pengetahuan alam. Begitu juga dengan dunia serangga. Binatang kecil ini bisa hidup di habitat apapun bahkan bisa berada di lingkungan manusia. Beberapa penyakit juga di timbulkan dari serangga serangga kecil di rumah. Jadi, saat Anda belajar mengenai insect biology, Anda tidak akan hanya belajar mengenai susunan tubuh dan habitat serangga. Tetapi juga hubungan yang mungkin bisa terjadi antara serangga dan manusia.

Apakah jurusan ini cocok untuk mu?

Anda mungkin menyukai jurusan ini jika Anda menyukai :

  1. Alam dan lingkungan
  2. Pertanian dan agriculture
  3. Lab Science

Pertimbangkan jurusan ini, jika Anda adalah seorang yang :

  1. Detail
  2. Berfikir kritis
  3. Organisator
  4. Analyst
  5. Teamwork
  6. Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi
  7. Inisiatif
  8. Mempunyai verball skill

Nilai SMA yang direkomendasikan 

Bahasa Inggris =4

Matematika=3

IPA=4

IPS=3

Tahukah Anda?

Sampai tahun 2015, Ada sekitar 1juta jenis serangga yang telah di identifikasi. Padahal, diperkirakan ada  30juta jenis lain yang belum ditemukan. Selain itu, belum banyak mahasiswa yang mengambil jurusan etimology. Sehingga persaingan di dunia penelitian serangga tidak terlalu besar. Dengan masih banyaknya lahan untuk diobservasi dan minimnya jumlah pesaing, tentu saja jurusan Entomology adalah jurusan yang potensial.

 

Typical courses jurusan ini:

General biology

Microbiology

Chemistry              

General entomology Insect physiology

Insect taxonomy and systematics Field crop insects

Horticultural entomology Livestock entomology Insect behavior

Aquatic entomology Beekeeping

Agricultural entomology (pest management) Medical entomology

Forest entomology

Urban entomology

Concentrations:

Generally, none in college; but if you go on to grad school: evolution and behavior; 'molecular entomol­ogy; pest management

 

Serba Serbi Entomology  :

Entomology mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Hasil dari penelitian mengenai dunia serangga ini akan dikembangkan untuk para petani. Contohnya adalah, bagaimana cara aman untuk mengunakan pestisida pada tumbuhan. Sebagian lagi digunakan untuk menjaga hutan dan plant industries. Para pelaku usaha di plant industries masih membutuhkan banyak ilmu untuk menjaga tanaman mereka dari bakteri merugikan. Para pekerja di dinas kesehatan sosial juga masih menunggu informasi dari para entomologist untuk diteruskan pada para peternak. Masalahnya, mempelajari dunia serangga tidak mudah. Para pakar harus bergelut dengan ilmu ecology, physiology, texiology, genetics dan biotechnology. Karena kemungkinan penelitian pada serangga  dapat berfungsi sebagai sebagai organisme uji coba dalam pengujian berbagai prinsip umum yang juga berlaku pada kehidupan binatang lain

jurusan entomology-serangga- penelitian-kuliah keluar negeri

Jika Anda sudah memantapkan hati untuk memilih jurusan ini, Anda akan belajar mengenai pengetahuan dasar ilmu pengetahuan alam. Diantaranya, Anda akan belajar mengenai tumbuh-tumbuhan, animal biology dan kimia. Pada tahun kedua, Anda mulai diperkenalkan pada morphology, taxonomy, psysiology, ecology dan tingkah laku serangga. Di level selanjutnya, Anda mulai melakukan penelitian hubungan antara serangga dan munusia. Baik dari segi kesehatan atau dari ekonomi.

 

Dari tiga level yang mungkin akan Anda lewati, Laboratorium adalah tempat paling penting. Khususnya saat melakukan penelitian. Penelitian-penelitian yang Anda lakukan biasanya akan dibimbing langsung oleh seorang profesor.

jurusan entomology-serangga- penelitian-kuliah keluar negeri

Career trends:

Urban atau agricultural pest management specialist

government research technician atau scientist

univer­siry research technician

industry researcher

indus­try technical

university extension agent.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !