Ciri-ciri Kampus Berkualitas
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Ciri-ciri Kampus Berkualitas

Ciri-ciri Kampus Berkualitas

Jika kalian melihat profil sebuah universitas, pasti rata-rata akan membeberkan semua prestasi dan keunggulan. Tapi, jika kamu ingin benar-benar memilih institusi yang tepat, nampaknya kamu tidak bisa berhenti disitu. Setidaknya ada 7 check list yang harus kalian cari tahu sebelum menentukan kampus mana yang akan kalian pilih.

1. Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaiannya

Sebuah universitas layak menjadi tempatmu belajar jika mempunyai visi,misi dan tujuan yang jelas. Selain itu mereka harus bersifat futuristik atau beroreantasi masa depan. Setiap elemen dalam kampus bersangkutan juga harus mempunyai visi misi yag sama. Berikan plus poin jika kampus mempunyai banyak prestasi.  Jika kampus itu tidak pernah terdengar memberikan jasa apapun ke masyarakat, kalian patut mempertimbangkannya lebih dalam.

 

2. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu

Inti dari poin cukup simple, pilihlah universitas yag jelas struktur kepemimpinannya . Jangan masuk kampus yang jabatan rektornya aja dibuat rebutan, anggaran dana  dikorupsi. Jadi sebelum daftar googling dulu nama kampus mu, coba cari tahu track recordnya.

 

3. Mahasiswa dan lulusan

Nah ini horor nih, universitas ini layak untuk tempat kalian belajar jika lulusannya mendapatkan penempatan kerja yang baik. Akan sempurna jika kampus mempunyai kerja sama dengan berbagai perusahaan untuk penempatan alumni. Untuk mengetahui hal ini kalian bisa cari tahu profil alumni dan masa tunggu alumni (lama alumni mendapatkan pekerjaan setelah wisuda)

 

4. Sumber daya manusia

Kalau yang ini bisa keponya dengan gampang, kalian ahli stalking kan? Haha. Unggul mempunyai  dosen karyawannya juga berkualitas. Untuk memastikannya,  cari saja profil calon dosenmu di berbagai jarsos, telisik lulusan mana mereka dan apa saja kegiatan mereka.

 

5. Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik

Kurikulum yang pro mahasiswa adalah kurikulum yang relevan dengan program studi dan mampu membentuk sofskill dan hardskill mahasiswa. Contoh antara praktikum, teori dan kegiatan kemasyarakatan haruslah ada dan seimbang. Fasilitas kampus juga wajib memadai .

 

6. Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi

Birokrasi terlalu membingungkan? Itu sudah tidak jamanya lagi. Semua hal sudah mempunyai sistem informasi. Calon kampusmu juga wajib punya SI yang bagus. Setidaknya memiliki  system informasi untuk absen

7.Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama

Pilihlah kampus para contributor. Berkontribusi untuk apa? Untuk penelitian yang didedikasikan untuk masyarakat dan juga semua kegiatan positif untuk membantu masyarakat

 

Sebelum memilih kampus penuhi 7 ceklist diatas dulu ya.. Good luck

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !