Cek dulu apakah kamu cocok masuk jurusan Managemen Informatika
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Cek dulu apakah kamu cocok masuk jurusan Managemen Informatika

Cek dulu apakah kamu cocok masuk jurusan Managemen Informatika

Akhirnya teknologi informasi benar-benar menjadi solusi. Bukan hanya menghilangkan jarak, teknologi juga semakin menunjukkan betapa pentingnya dia dalam dunia bisnis. Kini, teknologi siap membuat apapun yang awalnya manual menjadi sesuatu yang otomatis. Dari hal-hal kecil “wasting time” menjadi lebih efisien. Menyimpan data jauh lebih aman dan mudah ditemukan kembali. Jika sebelumnya kita perlu menyimpan dokumen penting dalam sebuah almari besar. Sekarang, dengan satu folder berpassword sudah cukup. Rasanya tidak berlebihan jika kita berterima kasih pada para ahli management information system.

Management information systems atau di Indonesia disebut dengan management informatika adalah jurusan yang bertanggung jawab para praktisi teknologi tersebut. Jurusan ini mengajarkan mahasiswanya untuk mampu menggunakan teknologi untuk mempermudah kegiatan bisnis. Setiap mahasiswa akan diajari bagaimana menganalisa, merancang, mengembangkan dan mengatur teknologi informasi.

Apakah Jurusan management informatika ini cocok untukmu?

Management informatika identik dengan pemecah jalan buntu. Kamu juga biasa disebut pencari jalan pintas., karena tugas utamamu adalah menjadi seorang problem solver. Seperti layaknya problem solver, kamu dituntut untuk selalu kreatif dan out of the box. Selain itu, ada beberapa hal lain yang mampu menjadi ukuran apakah kamu cocok untuk jurusan ini. Diantaranya adalah:

  1. Menyukai komputer dan elektronika
  2. Mampu bekerja dalam tim
  3. Mempunyai verball skill
  4. Memperhatikan detail
  5. Kritis
  6. Kritis
  7. Tidak suka dengan apapun yang biasa

Jika kamu ingin mengambil jurusan management informatika di luar negeri, ada baiknya kamu mempersiapkan nilai 4 Bahasa Inggris, 3 untuk Science, 3 untuk social science. Apabila kamu mempunyai pengetahuan dasar beberapa materi pendukung seperti kalkulus, business dan komputer, maka kamu akan mempunyai nilai lebih.

Tahukah kamu?

Jurusan management informatika tidak hanya berfokus pada komputer dan teknologi. Jurusan ini juga akan membuatmu paham fungsi komponen lain dalam bisnis seperti marketing, accounting dan HRD.

Apa saja yang akan kamu pelajari dalam jurusan Management Informatika?

  1. Programming
  2. Database
  3. Management database
  4. Jaringan
  5. E-Commerce

Sekilas mengenai jurusan management informatika

Sebagai seorang mahasiswa management information system atau management informatika, kamu diharapkan familiar dengan komputer, software dan peralatan komunikasi lain seperti wifi dan modem. Kamu juga akan dilatih menjadi seseorang yang mempunyai problem solver dengan inovasi dan inisiatif yang tidak pernah padam. Sehingga, ketika kamu sudah bekerja nanti, kamu dapat dengan cepat mengobservasi kebutuhan perusahaan dalam bidang IT. Karena kamu juga akan bekerja di lingkungan bisnis, maka kamu juga akan diperkenalkan dengan bidang lain seperti marketing dan finance. Tujuanya adalah, agar kamu paham bagaimana devisi lain beroperasi dan mampu menganalisa kebutuhan yang mungkin bisa kamu persiapkan.

Prospek dan pilihan Karir

Systems analyst/designer"; software developer (pro­grammer)*; database administrator*; consultant; project manager; chief information officer (CIO); researcher.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !