Cara Mendaftar Test TOEFL
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Cara Mendaftar Test TOEFL

Cara Mendaftar Test TOEFL

Setelah melakukan berbagai persiapan dan bimbingan belajar, kini saatnya kamu melakukan registrasi test TOEFL®. Tahap ini cukup penting karena kamu akan menentukan lokasi test center dan menyelesaikan proses administrasi. Secara garis besar, ada tiga cara untuk melakukan pendaftaran. Pertama melalui lembaga resmi ETS, Kedua di sebuah universitas dan ketiga melalui lembaga resmi yang ditunjuk oleh ETS. Yuk kita bahas, jalur mana yang lebih mudah dan sesuai untukmu.

cara daftar test toefl, cara ikut test toefl1

Pendaftaran online melalui website resmi ETS

Pendaftaran dengan cara ini dilakukan melalui system online sepenuhnya. Pertama, kamu harus mengunjungi website www.ets.org. Kemudian, kamu diharuskan untuk memilih menu TOEFL®. Setelah itu, kamu akan ditujukan ke laman yang mengharuskanmu untuk melakukan register. Beberapa data yang diperlukan adalah nama, asal negara, alamat dll. Mungkin hanya membutuhkan sekitar 15 menit untuk pembuatan akun. Setelah itu, kamu akan diberi tiga opsi untuk membayar. Pertama melalui kredit/debit, paypal dan ketiga adalah voucher. Biaya mengikuti tes TOEFL sekitar USD 190. Jika kurs rupiah sekarang Rp.14.000, ya berarti sekitar Rp.2660.000.

Mendaftar dan mengikuti test di sebuah universitas

Biasanya, beberapa Universitas lokal mempunyai fasilitas untuk menyelenggarakan Test TOEFL®. Namun, tidak semua menyelenggarakan TOEFL® internasional. Kamu bisa mengetahuinya dari biaya registrasi yang diminta dan masa berlaku sertifikat. Jika kebetulan kamu menemukan sebuah institusi dengan biaya pendaftaran dibawah Rp.200.000 maka kamu akan mendapat sertifikat yang hanya berlaku sekitar 6 bulan. Sertifikat ini juga hanya dapat digunakan untuk keperluan dalam negeri (Sekedar ingin tahu skor TOEFL® yang kamu miliki berapa). Cara melakukan proses registrasi test TOEFL® yang diselenggarakan oleh sebuah universitas juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mendatangi Pusat Bahasa atau UPT Bahasa dan melakukan pembayaran langsung.

cara daftar test toefl, cara ikut test toefl

Mendaftar dengan bantuan lembaga atau konsultan pendidikan

Cara ketiga dianggap paling mudah dan aman. Cara ini juga lebih efektif jika kamu ragu mendaftar online atau membutuhkan bimbingan. Dengan datang ke konsultan pendidikan seperti Vista Education, kamu akan mendapat bantuan sekaligus beberapa keuntungan lain. Diantaranya adalah

  1. Proses pendaftaran akan dibantu oleh konsultan
  2. Pembayaran bisa dilakukan di kantor
  3. Biaya test sama dengan biaya yang dikeluarkan resmi oleh ETS
  4. Kamu akan membayar biaya pendafaran sebesar Rp.125.000 namun kamu akan mendapat trial test Selma 4 jam.

Biasanya, konsultan pendidikan seperti Vista Education juga mempunyai les atau persiapan TOEFL®. Jika kamu merasa persiapanmu belum cukup, kamu bisa mengikuti les atau TOEFL® Preparation class yang telah disediakan      

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !