Buat Kamu yang Galau Kuliah di UK atau di USA
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Buat Kamu yang Galau Kuliah di UK atau di USA

Buat Kamu yang Galau Kuliah di UK atau di USA

Kalau ditanya pilih kuliah di UK atau di US, kira-kira kamu pilih yang mana?. Yakin, kebanyakan pasti bakal galau dengan menimang dengan banyak pertimbangan. Sebenarnya mana yang lebih baik sebagai tempat belajar. Pilih kuliah di Amerika atau di Eropa saja. Hm…Jika dilihat dari kualitas, keduanya sama menarik sih. Dilihat dari faktor teknologi, UK US juga  sama-sama rajanya. Bingung juga kan? Yah, tapi namanya hidup, harus pilih salah satu.

Okelah, Vista akan membantumu menentukan pilihan. Mari kita lihat perbedaan dua negera ini dari beberapa faktor penting diantaranya

University Spirit  

Jumlah universitas atau lembaga pendidikan di UK susah dihitung dengan jari, alias banyak. Masing-masing mempunyai warna dan spesialisasi tersendiri. Diantaranya adalah Nottingham Trent University, Coventry University dan Glion London. Masing-masing kampus memeliki student club dan kegiatan mahasiswa yang beragam. Kalau mau ikutpun juga mudah. Tidak ada batasan kalau mahasiswa internasional nggak boleh ikut andil. Kamu bebas bergabung satu diantaranya. Boleh sekedar untuk menyalurkan hobi, atau kalau kamu serius, kamu bisa menjadi atlit kampus dan terlibat dalam berbagai pertandingan.

Nah, di USA emang nggak ada student club? Ada dong. Bedanya, di US student club menjadi sesuatu yang sangat prestige dan berpengaruh. Mereka biasa menyebutnya dengan istilah “loud and pround”. Atmosphere pertandingan olahraga antar kampus juga menjadi ajang yang sangat bergensi. Buktinya, kampus-kampus di USA memiliki band, cheerleaders, mascots dan  lapangan professional. Bahkan, seluruh kota akan ikut merasakan hyporia tiap kali ajang kompetisi mahasiswa digelar.

 konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia

Study Flexibility

Gelar sarjana di UK akan ditempuh dalam rentang waktu 3 sampai empat tahun. Nah, Jika kamu memilih UK, nggak boleh tuh yang namanya galau jurusan. Sekali kamu terjun ke jurusan bisnis, kamu harus menyelesaikanya sampai akhir. Jika ternyata di tengah jalan tidak cocok? Tidak ada cara lain selain mengulang. Namun, beberapa universitas masih memperbolehkan joint degree. Hal ini memungkinkanmu untuk belajar dua subject yang berbeda.

Sedangkan di Amerika, gelar S1 ditempuh dalam 4 tahun. Enaknya, Amerika mempunyai flexibilitas untuk berganti jurusan pada dua tahun pertama. Hal itu berarti mereka memiliki waktu untuk menentukan program apa yang sebenarnya ingin mereka dalami.

Campus Accommodation

Akomodasi untuk mahasiswa internsional di UK yang paling terkenal adalah student halls. Di tempat ini mahasiswa bisa berbagi dapur namun tetap mendapat individual bedrooms. Sedangkan di student dorm USA, sebagian besar di setting untuk dua orang atau sharing room. Kamu bisa berbagi kamar dengan 1 orang lagi.

Opportunities to work

Di UK, mahasiswa tidak diliarang untuk bekerja paruh waktu. Namun, UK memberi lebih banyak peraturan. Diantaranya adalah jumlah jam dan ketentuan di VISA. Mereka lebih prefer untuk membuatmu lebih fokus belajar.

Sedangkan di Amerika, sebagian besar mahasiswa internasional bebas bekerja paruh waktu. Di tahun pertama, mereka bisa bekerja di area kampus. Setelah dirasa siap, mereka boleh mulai bekerja di industry yang sebenarnya

Masih galau juga ya? Lebih baik kamu mulai sesi konsultasi bersama Vista Education. Selain akan mendapat informasi yang lebih lengkap dan update, kamu juga bisa bertanya apapun sampai kamu puas

 

Kamu juga bisa bergabung dalam seminar kami

"Living and Studying in The UK" oleh British Council

atau

"Experiencing Student Live in USA by alumni"

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !