Berencana Tinggal atau Kuliah di Singapore? Baca ini Dulu 
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Berencana Tinggal atau Kuliah di Singapore? Baca ini Dulu 

Berencana Tinggal atau Kuliah di Singapore? Baca ini Dulu 

Biaya Hidup di Singapura

Biaya belajar di Singapura memang tidak seterjangkau tujuan Asia lainnya, namun lebih wajar jika dibandingkan dengan perguruan tinggi di tiga besar tujuan studi luar negeri (UK, USA dan Australia). Ini merupakan salah satu faktor yang membuat Singapura menjadi tujuan yang menarik bagi mahasiswa internasional dalam memenuhi keinginan mendapat pendidikan berkualitas.

Rata-rata, biaya kuliah yang dibayarkan ialah sekitar US $ 10.000 per tahun, namun demikian hal ini juga bergantung pada kursus dan lembaga belajar Anda. Program seni cenderung lebih murah daripada sains.

Semua siswa, baik domestik juga internasional, yang memenuhi syarat dapat mengajukan permohonan beasiswa kuliah dengan Departemen Pendidikan  Singapura. Namun, Anda hanya dapat mengajukan permohonan untuk beasiswa kuliah setelah telah dinyatakan diterima. Beasiswa kuliah dapat menutupi sebagian biaya kuliah.

Dana beasiswa tidak dituntut pengembaliannya, hanya sebagai pengganti semua siswa internasional diwajibkan untuk menandatangani ikatan kerja dengan sebuah perusahaan yang terdaftar  di Singapura selama 3 tahun setelah menyelesaikan gelar mereka. Masa ikatan kerja lebih panjang bagi siswa kedokteran (6 tahun) dan kedokteran gigi (5 tahun).

Dikenal memiliki standar hidup yang tinggi, Singapura menjadi tempat yang terbilang mahal untuk hidup. Biaya yang hidup sebenarnya akan bervariasi tergantung pada program studi yang Anda ikuti juga gaya hidup pribadi Anda.

kuliah di Singapore, Cara kuliah di Singapore, Konsultan pendidikan ke Singapore

Ada beberapa pilihan akomodasi yang dapat menjadi pilihan bagi mahasiswa yang tinggal di Singapura. Mayoritas mahasiswa internasional lebih memilih untuk tinggal di kamar-kamar sewaan di perumahan yang mendapat subsidi pemerintah Singapura serta disiapkan oleh lembaga Housing & Development Board (HDB). Pada fasilitas ini, sarana dan fasilitas pendukung sudah tergolong lengkap yakni meliputi: kedai-kedai, toko sembako, bank serta fasilitas ATM, kantor pos, hingga pusat jajanan berada di dalam satu lingkungan. Kelengkapan fasilitas ini memang ditujukan untuk membuat para penghuninya menjadi lebih nyaman. Adapun biaya akomodasi di HDB adalah tarif sewa yang ditawarkan sangat wajar.

Hal yang paling penting dari mempersiapkan tempat tinggal di Singapura ialah kecepatan waktu mempersiapkannya. Unit-unit akomodasi di Singapura terhitung cepat tersewa tentu hal ini akan berdampak pada sulitnya mengalokasikan waktu mencari tempat tinggal bila semakin dekat masa penerimaan Anda belum siap dengan tempat tinggal. Adapun pilihan tempat tinggal dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Homestay. Menyewa kamar di salah satu warga di Singapura selain pilihan hemat juga menjadi upaya mempercepat sosialisasi dengan warga setempat. Menempati homestay, mahasiswa membuat Anda dapat segera membaur bersama tuan rumah, tetangga, dan teman-temannya. Fasilitas yang bisa didapat di homestay biasanya juga bisa meliputi penggunaan peralatan rumah tangga hingga telepon rumah. Ada juga homestay yang sudah meliputi biaya makan. Semua biaya bisa Anda tanyakan dengan pemilik rumah.
  • Hostel privat dan gedung asrama. Terdapat hostel milik perorangan atau asrama di Singapura menyediakan aturan sewa bagi mahasiswa internasional dalam jangka panjang. Selain menyediakan kamar pondokan privat yang murah, hostel juga biasanya dapat disewa untuk kebutuhan bersama dengan fasilitas tinggal bersama yang memadai. Hostel juga memungkinkan Anda untuk bersosialisasi dengan mahasiswa lain yang tinggal di sana. Adapula universitas yang dilengkapi dengan gedung asrama. Anda dapat mengetahuinya dengan menghubungi pihak kampus.
  • Apartemen dan sewa rumah. Seperti halnya umum di negara-negara kunjungan studi, menyewa apartemen maupun rumah juga dapat dilakukan di Singapura. Anda dapat menemukan banyak pengumuman mengenai hal ini di lingkungan kampus, koran dan situs dalam jaringan (online).

Pada fasilitas transportasi, pemerintah Singapura telah menginvestasikan sejumlah besar uang untuk sistem transportasi publik yang komprehensif. Tarif dikenakan dengan sistem biaya per jarak tempuh, dan dapat dikurangkan melalui kartu perjalanan pra-bayar yang nilainya harus terisi dalam kelipatan SGD 10. Sebagai mahasiswa, Anda berhak mendapatkan diskon 50% untuk semua tarif, dan akan membayar tarif flat untuk setiap perjalanan lebih dari 7.2km.

Berkeliling di Singapura

  • Clementi adalah daerah perencanaan dan kota perumahan yang terletak di pinggiran paling timur dari Wilayah Barat dari Singapura. Kota ini berbatasan Bukit Batok ke utara, Bukit Timah ke timur laut, Queenstown ke timur dan Jurong East ke barat
  • Ang Mo Kio, sering disingkat sebagai AMK, adalah daerah perencanaan dan kota perumahan terletak di North-East Region of Singapore. Ang Mo Kio adalah wilayah perencanaan terpadat ke-3 di North-East Region dan peringkat 8 dalam hal populasi di negara secara keseluruhan. Daerah perencanaan terletak di sudut selatan-barat Wilayah Utara-Timur, berbatasan dengan wilayah perencanaan Yishun ke utara, Sengkang ke utara-timur, Serangoon ke timur, Bishan ke selatan dan Central Water Catchment ke barat.
  • Bukit Batok adalah daerah perencanaan dengan perumahan sepanjang batas timur Wilayah Barat dari Singapura. Bukit Batok berperingkat 25 terbesar, paling padat penduduknya (daerah perencanaan yang paling padat penduduknya ke 11 di Republik). Bukit Batok berbatasan dengan enam bidang perencanaan lainnya -. Choa Chu Kang ke utara dan barat laut, Bukit Panjang ke timur laut dan timur, Clementi ke selatan, Bukit Timah ke tenggara, Jurong East ke barat daya dan Tengah ke barat.
  • Pulau Tekong, juga dikenal bahasa sehari-hari sebagai Tekong, adalah yang terbesar dari pulau-pulau terpencil di Singapura, dengan luas 24,43 km2. Pulau ini masih terus berkembang karena mendarat adanya reklamasi di pantai selatan dan barat-laut. Pulau Tekong ditemukan di lepas pantai timur laut Singapura, timur dari Pulau Ubin.
  • Pulau Ujong, dikenal sebagai Pulau Singapura atau daratan Singapura, adalah pulau konstituen utama Singapura. Ini adalah bagian dari Kepulauan Melayu dan terletak di ujung Semenanjung Malaysia. Pulau ini merupakan sebagian dari negara dalam hal luas. Dengan populasi 5.469.700 dan seluas 710 kilometer persegi, Pulau Ujong adalah 21 pulau terpadat di dunia dan 31 pulau yang paling padat penduduknya di dunia.

 

Bekerja di Singapura

Mahasiswa internasional di Singapura sangat mungkin mendapatkan kesempatan bekerja paruh waktu. Ketentuan ini mengacu pada peraturan dari Immigration and Checkpoints Authority (ICA). Mahasiswa hanya mendapatkan waktu bekerja selama 16 jam perminggu selama masa belajar. Untuk mendapatkan waktu melebihi batas yang ditentukan, mahasiswa harus mendapatkan izin kerja. Informasi mengenai lapangan kerja dapat pula di akses melalui informasi yang terdapat di kampus di bawah naungan careers team. Jenis pekerjaan yang tersedia sangat luas, mulai dari pramusaji di kafe, penerjemah, pelayan supermarket, data entry opertator, asisten koki hingga menjadi desainer lepas. Bayarannyapun bervariasi mulai USD1,000 – USD 2,500 perbulan.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !