Bedah Tuntas Kuliah di Amerika ( Part 2 )
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Bedah Tuntas Kuliah di Amerika ( Part 2 )

Bedah Tuntas Kuliah di Amerika ( Part 2 )

Diartikel sebelumnya, kita sudah tahu garis besar kehidupan di Amerika. Kita juga sudah mendapat informasi detail pendidikan yang ada di negara Paman Syam tersebut. Selain itu, kita juga makin paham mengapa kuliah ke Amerika benar-benar worth it. Sekarang kita akan membahas Universitas di Amerika dan bagaimana kehidupan sosial disana berjalan.

Universitas di Amerika Serikat

  • Beberapa universitas terkemuka di Kanada yang mempunyai reputasi dan peringkat :
  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT) (Peringkat 1 di dunia)
  2. Stanford University (Peringkat 2 di dunia)
  3. Harvard University (Peringkat 3 di dunia)
  4. California Institute of Technology (Peringkat 5 di dunia)
  5. Universitas Chicago (Peringkat 10 di dunia)
  6. Universitas Princeton (Peringkat 11 di dunia)
  7. Universitas Yale (Peringkat 15 di dunia)
  8. Universitas Cornell (Peringkat 16 di dunia)
  9. Universitas John Hopkins (Peringkat 17 di dunia)
  10. Universitas Pennsylvania (Peringkat 18 di dunia)

 Semua ranking berdasarkan QS Top University ranking

konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia, Kuliah di USA, Universitas di USA, Perguruan tinggi di USA

 

Kehidupan di Amerika

  • Cuaca. Amerika terdiri dari empat musim, yakni panas, gugur, dingin dan semi. Keempat musim ini bergantung pada letak negara bagian. Musim Panas biasanya hangat dan kering, sementara musim Gugur lebih sejuk dan lebih basah, pada musim Dingin udara terasa dingin dan membeku, pada musim Semi suasana dingin dan basah.
    • Di Amerika Serikat bagian selatan cuaca lebih hangat dibandingkan utara. Negara-negara ini memiliki musim panas yang lebih hangat dan lebab terutama pada bagian yang dekat pesisir. Musim dinginnya terasa lebih lembut kecuali pada kesempatan tertentu yang bahkan bisa lebih dingin.
    • Bagian utara negara Amerika Serikat justru lebih dingin. Musim panasnya terasa sedikit hangat sementara musim dinginnya sangat menggigit dengan banyaknya salju dan suhunya mencapai minus oC.
    • Bagian laut Pasifik biasanya cenderung lebih basah. Nyaris setiap bulan turun hujan.
  • Budaya.  Amerika menguatkan keragaman yang dimiliki. Masyarakat yang majemuk hadir di Amerika untuk berbagi mengenai kisah mereka. Seperti yang sempat ramai di dunia maya, dimana salah satu blog mengisahkan tentang “Humans of New York”. Kemajemukan di Amerika bukan hanya mengedepankan penghargaan pada keragaman suku, agama, maupun ideologi yang berbeda tetapi juga mempersatukan orang-orang dalam lingkungan yang dinamis seiring memaksimalkan keunikan mereka.
  • Akomodasi.Selepas diterima di kampus, pilihan tempat tinggal tentu menjadi perhatian yang harus segera dipersiapkan. Terdapat tiga pilihan tinggal di Amerika yang kurang lebih sama dengan negara lain, yakni tinggal di asrama kampus, di asrama pribadi atau menyewa apartemen. Adapun keuntungan dari masing-masing tempat tinggal ialah sebagai berikut:
    • Asrama Kampus. Mahasiswa tingkat awal biasanya lebih memilih untuk tinggal di asrama yang terletak di kampus sebab lebih hemat dalam hal biaya transportasi mereka. Selain itu fasilitas di asrama dalam kampus ini juga terbilang lengkap dan tidak membutuhkan persiapan banyak untuk ditinggali. Menu makan juga dapat disesuaikan pilihannya dan metode pembayarannya.
    • Asrama Pribadi. Ada beberapa kampus di Amerika Serikat yang tidak menyiapkan asrama di dalamnya. Dengan demikian, mahasiswa internasional dapat menempati asrama pribadi di luar kampus. Mudahnya, kantor asrama di luar kampus di Amerika akan membantu mahasiswa internasional untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan, seperti menunjukkan tempat makan yang terkenal, tetangga di sekitar tempat tinggal, area belanja, tujuan wisata dan sarana transportasi umum.
    • Sewa Apartemen. Sangat dianjurkan ketika hendak memilih lokasi tinggal di apartemen untuk dapat meninjau lokasi sekitar tempat tinggal apakah cukup nyaman dan aman. Selain itu perlu juga membaca lebih seksama aturan-aturan yang terdapat dalam kontrak penyewaan sebelum ditandatangani. Opsi menyewa apartemen ini tentu saja lebih mahal dibanding pilihan lainnya.

Kota di Amerika Serikat

Kota-kota di Amerika Serikat telah dikenal sebagai kota yang ramah bagi para mahasiswa internasional, dimana tercatat 11 kota di Amerika Serikat berada dalam jajaran 75 kota teratas bagi mahasiswa global. Adapun 11 kota populer bagi mahasiswa di Amerika tersebut di antaranya:

  1. Boston. Boston memang telah dikenal sebagai kota pusat studi mahasiswa di Amerika. Rumah bagi beberapa kampus ternama di Amerika Serikat yakni MIT dan Harvard dan lima universitas lain dalam peringkat 400 besar dunia.
  2. New York. Dikenal dengan julukan “The Big Apple” dan “The City That Never Sleeps”, New York berada di posisi ke 20 index kota terbaik bagi mahasiswa.
  3. San Fransisco. Merupakan kota di Amerika Serikat yang juga menjadi ikon dengan jembatannya yang tersohor. San Fransisco sendiri merupakan negara bagian yang menjadi rumah bagi ratusan perusahaan inovatif dan beberapa sektor teknologi.
  4. Chicago. Kota lain yang masuk dalam kategori tempat terbaik bagi mahasiswa adalah Chicago yang dikenal sebagai “The Windy City”. Chicago merupakan rumah bagi dua universitas ternama yakni Universitas Chicago dan Universitas Northwestern.
  5. Los Angeles. Menempati posisi ke 42 kota terbaik bagi mahasiswa merupakan kota dengan reputasi pusatnya industri kreatif, yakni: musik, televisi dan perfilman.

konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia, Kuliah di USA, Universitas di USA, Perguruan tinggi di USA

Bekerja di Amerika Serikat

                Pada dasarnya mahasiswa internasional memiliki kesempatan untuk dapat bekerja selama masa studi mereka, hanya saja ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mendapatkan kesempatan bekerja. Hal pertama ialah mengenai persyaratan visa F-1. Visa F-1 merupakan visa yang diberikan kepada mahasiswa internasional non-imigran dan dengan tujuan belajar akademis maupun dalam program belajar bahasa Inggris. Ada beberapa kategori pekerjaan yang bisa diakses dengan status visa F-1, yakni:

  1. On-Campus Employement. Kesempatan bekerja di kampus ini adalah yang paling mudah untuk diakses dan tanpa perlu kerumitan administrasi dan tanpa perlu mendapatkan izin dari United States Citizenship and Immigration Service (USCIS). Hanya saja, kesempatan bekerja di dalam kampus di Amerika Serikat biasanya sangat terbatas. Selain itu biasanya pekerjaan ini tidak berhubungan dengan program studi yang diambil oleh mahasiswa internasional.
  2. Optional Practical Training. Untuk mendapatkan kesempatan bekerja di luar kampus ini mahasiswa internastional diharus mendapat otoritas perizinan oleh USCIS dan International Student Office. Mahasiswa internasional baru akan mendapat kesempatan untuk bekerja dalam kategori OPT ini selepas sembilan bulan masa studinya. Setelah mendapat persetujuan bekerja ini, lamaran kerja dapat berlangsung dimana saja di Amerika Serikat. Adapun persyaratan untuk bekerja dalam kategori OPT ialah sebagai berikut:
  • Pekerjaan harus berkaitan dengan jurusan studi yang diambil
  • Mahasiswa harus menjaga status hukum F-1 yang dimiliki
  • Siswa yang telah terlibat dalam 12 bulan atau lebih dari penuh-waktu Pelatihan Praktis Kurikuler (CPT) tidak memenuhi syarat untuk OPT
  • Mahasiswa harus mengajukan permohonan untuk OPT sebelum menyelesaikan semua pekerjaan terhadap gelar.
  • OPT diizinkan sampai 12 bulan penuh waktu total, sementara paruh waktu OPT (saat masih di sekolah) mengurangi ketersediaan jam bekerja penuh-waktu OPT dengan setengah dari jumlah pekerjaan paruh waktu (misalnya, jika Anda bekerja paruh waktu untuk 6 bulan, Anda dapat bekerja penuh waktu hingga 9 bulan).

Curriculer Practical Training. Kurikuler Pelatihan Praktis (CPT) adalah pilihan kerja di luar kampus untuk siswa F-1 ketika pelatihan praktis merupakan bagian integral dari kurikulum yang ditetapkan atau program akademik. Kerja CPT didefinisikan sebagai "pekerjaan alternatif / studi, magang, pendidikan koperasi, atau jenis lain dari magang yang dibutuhkan atau praktikum yang ditawarkan oleh pengusaha melalui perjanjian kerja sama dengan sekolah." Untuk memenuhi syarat, pengalaman kerja menjadi prasyarat, atau kredit akademik harus diberikan. Ketentuan bekerja dalam kategori CPT adalah sebagai berikut:

  • Harus telah terdaftar di sekolah penuh waktu selama satu tahun dengan status visa F-1 (kecuali untuk mahasiswa pascasarjana di mana program ini membutuhkan CPT segera).
  • Kerja CPT harus menjadi bagian integral dari program gelar atau persyaratan untuk kursus yang menerima kredit akademik.
  • Harus menerima tawaran pekerjaan yang memenuhi syarat sebelum mengirimkan permintaan CPT.
  • Tawaran pekerjaan harus dalam bidang utama atau bidang studi.

Serve Economic Hardship. Setiap mahasiswa F-1 yang mengalami kesulitan ekonomi seperti yang didefinisikan oleh USCIS memenuhi syarat untuk bekerja di luar kampus hingga 20 jam per minggu saat sekolah sedang berlangsung, dan penuh waktu selama istirahat. Agar memenuhi syarat di bawah kesulitan ekonomi, mahasiswa harus:

  • Berada di valid F-1 status setidaknya satu tahun akademik (9 bulan).
  • Bereputasi akademik yang baik.
  • Memberikan bukti kesulitan ekonomi berdasarkan keadaan yang tak terduga di luar kendali siswa.
  • Menunjukkan bahwa pekerjaan di kampus tidak tersedia dan tidak cukup.
  • Melakukan upaya itikad baik untuk mencari pekerjaan di kampus sebelum menerapkan di luar kampus.

Employement with International Organizations. Kategori terakhir dari kerja bagi mahasiswa internasional di AS pada F-1 visa adalah kerja dengan "organisasi internasional yang diakui." Untuk memenuhi syarat, sebuah organisasi harus berada di dalam daftar Departemen Luar Negeri resmi, dan organisasi yang terdaftar termasuk Palang Merah, Afrika dan Asia Bank Pembangunan, Organisasi Kesehatan Dunia, Organisasi Perdagangan Dunia, dan banyak organisasi serupa tetapi kurang terkenal seperti lainnya. Karena tidak memiliki aplikasi universal OPT atau CPT, kategori ini kerja sering diabaikan. Hanya siswa dengan tawaran pekerjaan dan sponsor dari salah satu organisasi yang terdaftar yang memenuhi syarat untuk bekerja di sektor ini. Namun, bagi mereka siswa beruntung yang memiliki sponsor seperti itu, ada manfaat yang jelas dari kategori pekerjaan ini.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !