Apa itu Jurusan Arkeologi?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa itu Jurusan Arkeologi?

Apa itu Jurusan Arkeologi?

Mengenal jurusan arkeologi untuk kuliah di luar negeri

 Menguak masa lalu itu sangat seru. Apalagi bagi para mahasiswa arkeologi. Terlebih, jika mereka bisa menguak sejarah dan mencoba mencari fakta-fakta baru. Mereka biasanya akan lebih banyak bekerja di lapangan. Seperti di situs-situs peninggalan atau di tempat baru lain. Wah, kayaknya seru juga ya? Apa sih jurusan arkeologi itu? Baca lebih lanjut yuk :

 Apa itu Jurusan Arkeologi ?

Arkeologi merupakan pendekatan sejarah yang meneliti sumber-sumber primer seperti budaya material dan kondisi lingkungan dari peradaban sebelumnya.

Mengapa Arkeologi itu penting? Karena Arkeologi memungkinkan kita untuk memperoleh pemahaman tentang masa lalu, terutama peradaban kuno dimana masyarakat masih belum mengenal huruf dan angka, sehingga catatan mengenai masa lalu sangat terbatas.

(Sumber : www.hotcourses.co.id)

Apakah jurusan ini cocok untukmu?

Jurusan ini cocok untukmu jika kamu memiliki karakter sebagai berikut :

  1. Kepo
  2. Tertarik dengan sejarah
  3. Teliti
  4. Tekun
  5. Penyabar
  6. Pekerja Keras
  7. Seorang problem solver

Apa yang harus kamu tahu soal jurusan arkeologi ?

Tak langsung terjun ke lapangan, tugas pertama anak arkeologi adalah mempelajari huruf dan Bahasa kuno. Bekal inilah yang bisa mereka gunakan saat bekerja dan mencoba memecahkan misteri.

Mahasiswa arkeologi dikenal lebih solid dibandingkan dengan mahasiswa jurusan lain. Soalnya, anak arkeologi suka main terselubung. Berkelana ke daerah-daerah ke tempat dengan fakta yang tertunda. Tak jarang mereka harus stay dan menghabiskan waktu beberapa hari di tempat tersebut.

Anak Arkeologi juga terkenal lebih tangguh. Pasalnya mereka lebih sering berada di luar kelas. Otomatis, mereka akan in touch langsung dengan berbagai rintangan yang ada .

Oh ya, anak arkeologi juga identik dengan pencari harta karun. Padahal salah besar!. Mereka memang menggali untuk menemukan benda-benda bersejarah yang tak ternilai harganya. Namun, tentu saja tidak untuk dijual. Tetap, tujuan utama mereka adalah mengkaji dan mengkonservasi artefak untuk kepentingan umum. Demi ilmu pengetahuan dan hal-hal penting lain yang perlu kita pelajari di masa lampau

Prospek Kerja Jurusan Arkeologi

Sebagaimana nama jurusanya, lulusan arkeologi akan bekerja menjadi seorang arkeolog. Bidang pekerjaan ini biasanya ada dalam lingkup pemerintah. Namun, karena jumlahnya tak banyak, sebagian alumni arkeolog bekerja di bidang lain. Khususnya dalam bidang-bidang pengolahan data. Yak, soalnya mereka udah dibiasakan mengolah dan menganalisa.

Satu lagi, penemuan para arkeolog sangat ditunggu. Maklum, sebenarnya semua orang juga penasaran dengan apa yang terjadi dan bagaimana perkembangan peradaban manusia. Jadi wajar jika sorot media selalu stand by. 

Universitas dengan jurusan arkeologi pilihan di luar negeri

- University of Southern California
- Boston University

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !