4 Hal yang Tidak Akan Pernah Anda Dapatkan di Perguruan Tinggi
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

4 Hal yang Tidak Akan Pernah Anda Dapatkan di Perguruan Tinggi

4 Hal yang Tidak Akan Pernah Anda Dapatkan di Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi adalah jenjang pendidikan terakhir yang paling banyak dinanti. Kira-kira hal fantastis apa saja yang akan terjadi. Sekaligus, apa saja yang bisa kita dapatkan disana nanti. Teman baru yang berasal dari berbagai latar belakang. Lingkungan belajar baru. Serta, pelajaran-pelajaran baru yang kita pilih sendiri. Yah, begitulah kehidupan di kampus. Begitu membuat banyak orang excited.

Namun, pada kenyataanya tidak semua hal bisa kita dapatkan di kampus. Tapi kadang-kadang hal-hal inilah yang justru dibutuhkan di dunia kerja. Apa saja itu ?

konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia

Sikap dan kemampuan bekerja dengan baik

Well, kita memang duduk manis saat pelajaran.  Mungkin juga lebih dari lima jam sehari. Namun, beda rasanya saat kamu harus duduk 8 jam selama bekerja. Atmosphere dan tekanan yang akan kamu rasakan akan banyak berbeda. Nah, cara untuk tetap produktif dan efektif inilah yang tidak kamu temukan selama kamu kuliah.

Soft Skill dan cara berkomunikasi degan orang lain
Apakah kamu sudah mampu menghafal sebuah rumus dan mengerjakan soalnya? Selamat! Satu materi kembali kamu serap. Namun, mampukah kamu menjelaskan kembali rumus tersebut di depan banyak orang?. Mampukah kamu membuat mereka cepat memahami tanpa terlihat bodoh sama sekali?. Nah itu dia!


Banyak orang beranggapan lulus dengan menguasai banyak teori itu cukup. Namun tidak untuk kenyataanya. Lulusan teknik murni sekalipun masih membutuhkan soft skill di dunia kerja. Seperti halnya kemampuan untuk berkomunikasi, bekerja dalam tim, disiplin dan leadership. Pun kamu menjadi seorang engineer, gak selamanya hanya main-main dengan alat-alatmu kan?
Kerja sama selalu dibutuhkan dimanapun kamu berada.

konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia

Realistis dan memahami dunia yang sesungguhnya

Seorang mahasiswa selalu idealis? Pasti. Setiap mahasiswa selalu ambisius? Bisa jadi. Namun, apakah banyak mahasiswa yang realistis? Tidak juga.

Wajar sih mahasiswa punya ekspektasi pekerjaan yang menyenangkan dengan gaji tinggi. Namun sekali lagi semua itu butuh proses. Kadang mereka harus bekerja di bidang yang sama sekali tidak sama dengan jurusan. Begitu juga dengan pendapatan. Semua harus pelan-pelan dan dari tangga paling bawah. Bukan berarti kamu tidak boleh punya mimpi loh! Impian masih jadi hal mujarab untuk menerima realita

konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia
Kedewasaan

Istilahnya, kuliah adalah masa paling berharga untuk melatih kepribadian. Aturan orang tua tidak seketat dulu dan kamu bisa beraktifitas apa saja yang kamu mau. Mulai dari jadi aktifis, ikut organisasi atau sebuah komunitas. Namun, sekali lagi tidak ada pelajaran atau kegiatan yang mendidik kita untuk dewasa. Semua kembali pada bagaimana kita bersikap dan bagaimana kita menanggapi semua proses tersebut.   


Sumber : http://www.topuniversities.com/blog/4-things-university-wont-teach-you

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !