Loading ...
HOME > NEWS > ALL > 4 HAL YANG PERLU KAMU TAHU SOAL KULIAH ENGINEERING DI USA 

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Kuliah Engineering di USA 

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Kuliah Engineering di USA 

Konsultasi gratis sekarang

x

Isi form berikut ini untuk info Kuliah ke Luar Negeri, Short Course, Les dan Tes IELTS/TOEFL!

Email harus diisi! Format Email: (yourname@address.com)!
Name harus diisi!
Mobile Number min 8 karakter & hanya berisi angka!
Password is same as your Protégé Community account
Password tidak cocok!

School/Campus harus diisi!

Pilih Gender

Pilih Tipe




Edu Financial Calculator

x

Selamat datang di Edu-Financial Calculator.

Kalkulator ini berfungsi untuk:

  1. Menganalisa keuangan Anda sebelum memilih sekolah luar negeri.
  2. Mengoptimalkan pilihan sekolah sesuai budget Anda.

Semakin akurat Anda mengisi, semakin tajam analisa kami. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami.

(*) Sebelum menggunakan Edu Financial Calculator, register terlebih dahulu!


Aptitude Test

x

Kamu sedang menggunakan fasilitas Aptitude Test kami.

Fasilitas ini memiliki fungsi sebagai referensi minat diri mu, kecenderungan dalam mengambil keputusan sehingga kamu bisa mengetahui bidang karir apa yang sesuai dengan dirimu dan sekolah terbaik untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Tidak ada jawaban yang salah atau benar, jawablah sesuai dengan kondisi dirimu dengan jujur, demi keakuratan analisa.

Perlu kamu ketahui bahwa data yang kamu isi akan dijaga kerahasiaannya dan tidak akan dipergunakan tanpa seizin pihak kamu dan keluarga.

Hubungi kami jika butuh bantuan.

Online Enrollment

x

Kamu sedang menggunakan fasilitas Online Enrollment kami.

Jika kamu ingin melakukan pendaftaran online silahkan isi data sebagai berikut:


Pilih Tipe

International English Test Schedule

x

Jadwal International English Test ini memungkinkan anda untuk melihat jadwal terdekat dikota anda.

Pilih jadwal test yang anda ingin ikuti dibawah ini:

Selain jurusan bisnis dan hospitality, ada satu jurusan lagi yang menjadi primadona mahasiswa internasional di USA. Dia adalah jurusan engineering atau teknik. Menurut catatan US News, peminat enginnering di negara paman sam ini naik 11- 12 % tiap tahun. Rata-rata mahasiswa berasal dari Asia lalu diikuti oleh timur tengah.

Namun, seperti halnya jurusan lain. Engineering di Amerika juga akan disajikan dalam bentuk yang berbeda. Pilihan universitas yang diberikan juga lebih banyak dibandingkan dengan negara lain. Itu mengapa, memilih universitas terbaik untuk belajar teknik membutuhkan usaha yang tidak sedikit.

Perbedaan budaya dan bahasa bukanlah satu - satunya hal yang harus difikirkan. Justru, menyamakan jurusan dan karir impian adalah hal utama. 

Belajar di luar negeri selalu saja memunculkan kekhawatiran pada culture shock. Apakah kita nanti akan mudah beradaptasi, apakah kita nanti mampu mengikuti pelajaran atau apakah kita cocok dengan makananya. Berbagai pertanyaan mondar-mandir di dalam otak dan justru membuat kita melupakan hal yang paling penting. Yaitu melakukan research pada jurusan yang akan kita ambil. Apalagi jika kamu tertariknya pada bidang engineering. Reset merupakan hal wajib. Kamu harus cari tahu kurikulum, akreditasi , kesempatan intership dan prospek kerjanya di masa depan. Coba linkan dengan impianmu. Apakah fasilitas dan segala kebutuhan akademik mampu membawamu pada pekerjaan yang kamu cita-citakan atau belum.

Meskipun di luar negeri , siapa bilang belum bisa gunakan koneksi  ?

Yang dimaksud koneksi diisi bukanlah orang dalam universitas yang mampu meloloskanmu masuk. Namun, koneksi disini adalah seseorang yang bisa kamu ajak diskusi dan memberikan penjelasan. Mereka adalah school representative. Biasanya, mereka disiapkan di beberapa area atau negara. Satu untuk wilayah asia tenggara, dan satu yang lain untuk wilayah Australia. Mereka bisa kamu hubungi atau temui dengan bantuan sebuah konsultan pendidikan. Cara ini dianggap lebih efektif dibandingkan kamu hanya googling dan hanya mengasumsikan kondisi yang ada.

Memahai Proses Aplikasi  Menjadi Hal Wajib  

Proses pendaftaran jurusan engineering sedikit berbeda dibandingkan jurusan yang lain. Bukan hanya skor, jurusan ini juga membutuhkan essay. Jika kamu kebetulan akan mengambil program master, kamu juga harus menyertakan surat rekomendasi. Nah, essay dan rekomendasi inilah yang harus kamu persiapkan dengan baik. ( Cek tips membuat essay untuk kuliah ke luar negeri )

 

Mempersiapkannya jauh-jauh hari adalah salah satu syarat aplikasimu berjalan lancar

Tidak ada yang bisa berjalan baik dalam sebuah ketergesa – gesaan. Begitu juga dalam proses admission. Percayalah, enam bulanpun akan terasa sangat cepat. Ada tes GRE yang harus kamu lalui, belum lagi tes TOEFL/ IELTS sebagai persyaratan resmi. Dokumen-dokumen lain juga harus kamu persiapkan. Yakin mau ngurus mepet?

Copyright 2015 PT VIC Indonesia. All Reserved.