4 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Kuliah Engineering di USA 
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Kuliah Engineering di USA 

4 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Kuliah Engineering di USA 

Selain jurusan bisnis dan hospitality, ada satu jurusan lagi yang menjadi primadona mahasiswa internasional di USA. Dia adalah jurusan engineering atau teknik. Menurut catatan US News, peminat enginnering di negara paman sam ini naik 11- 12 % tiap tahun. Rata-rata mahasiswa berasal dari Asia lalu diikuti oleh timur tengah.

Namun, seperti halnya jurusan lain. Engineering di Amerika juga akan disajikan dalam bentuk yang berbeda. Pilihan universitas yang diberikan juga lebih banyak dibandingkan dengan negara lain. Itu mengapa, memilih universitas terbaik untuk belajar teknik membutuhkan usaha yang tidak sedikit.

Perbedaan budaya dan bahasa bukanlah satu - satunya hal yang harus difikirkan. Justru, menyamakan jurusan dan karir impian adalah hal utama. 

Belajar di luar negeri selalu saja memunculkan kekhawatiran pada culture shock. Apakah kita nanti akan mudah beradaptasi, apakah kita nanti mampu mengikuti pelajaran atau apakah kita cocok dengan makananya. Berbagai pertanyaan mondar-mandir di dalam otak dan justru membuat kita melupakan hal yang paling penting. Yaitu melakukan research pada jurusan yang akan kita ambil. Apalagi jika kamu tertariknya pada bidang engineering. Reset merupakan hal wajib. Kamu harus cari tahu kurikulum, akreditasi , kesempatan intership dan prospek kerjanya di masa depan. Coba linkan dengan impianmu. Apakah fasilitas dan segala kebutuhan akademik mampu membawamu pada pekerjaan yang kamu cita-citakan atau belum.

Meskipun di luar negeri , siapa bilang belum bisa gunakan koneksi  ?

Yang dimaksud koneksi diisi bukanlah orang dalam universitas yang mampu meloloskanmu masuk. Namun, koneksi disini adalah seseorang yang bisa kamu ajak diskusi dan memberikan penjelasan. Mereka adalah school representative. Biasanya, mereka disiapkan di beberapa area atau negara. Satu untuk wilayah asia tenggara, dan satu yang lain untuk wilayah Australia. Mereka bisa kamu hubungi atau temui dengan bantuan sebuah konsultan pendidikan. Cara ini dianggap lebih efektif dibandingkan kamu hanya googling dan hanya mengasumsikan kondisi yang ada.

Memahai Proses Aplikasi  Menjadi Hal Wajib  

Proses pendaftaran jurusan engineering sedikit berbeda dibandingkan jurusan yang lain. Bukan hanya skor, jurusan ini juga membutuhkan essay. Jika kamu kebetulan akan mengambil program master, kamu juga harus menyertakan surat rekomendasi. Nah, essay dan rekomendasi inilah yang harus kamu persiapkan dengan baik. ( Cek tips membuat essay untuk kuliah ke luar negeri )

 

Mempersiapkannya jauh-jauh hari adalah salah satu syarat aplikasimu berjalan lancar

Tidak ada yang bisa berjalan baik dalam sebuah ketergesa – gesaan. Begitu juga dalam proses admission. Percayalah, enam bulanpun akan terasa sangat cepat. Ada tes GRE yang harus kamu lalui, belum lagi tes TOEFL/ IELTS sebagai persyaratan resmi. Dokumen-dokumen lain juga harus kamu persiapkan. Yakin mau ngurus mepet?

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !