Apa Sebenarnya Tugas Seorang Marketing?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa Sebenarnya Tugas Seorang Marketing?

Apa Sebenarnya Tugas Seorang Marketing?

Intip yuk tugas marketing itu seperti apa

Setelah kuliah jurusan marketing, kamu bisa kerja jadi apa sih? Kamu bisa menjadi seorang sales executive, manajer pemasaran, digital marketing, marketing communication, hingga direktur pemasaran.

Ternyata jenis marketing dibagi-bagi lagi nih sesuai bidangnya. Kalau begitu, marketing itu sebenarnya apa dan tugasnya apa saja sih? Baca informasi selengkapnya di bawah ini.


Marketing itu apa sih?

Marketing memiliki pengertian yaitu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan konsumen mulai dari produksi, pemberian harga, promosi, hingga terjadi adanya transaksi penjualan. 

Pekerjaan seorang marketing semakin banyak karena saat ini transaksi online mulai berkembang. Sehingga, marketing akan menggunakan strategi pemasaran yang lebih canggih dan luas. Contohnya adalah penggunaan Search Engine Optimization (SEO), website, dan lain-lain.


Tugas Marketing

Seorang marketing punya tugas apa saja sih? Berikut sejumlah tugas marketing yang wajib dan harus dipertanggungjawabkan.


1. Membuat Perencanaan Produk

Produk yang akan dijual tentu harus direncanakan dulu. Kenapa? Karena sebelum menjual produk, produk tersebut harus diketahui komposisi, fungsi, kualitas, dan lain-lain supaya produk dapat dibuat dengan baik dan maksimal.

Tugas dari perencanaan produk ini merupakan tanggung jawab dari seorang marketing. Oleh karena itu marketing harus memahami betul seperti apa produk yang akan dipasarkan melalui berbagai proses.


2. Menjalin hubungan baik dengan konsumen

Pada proses pemasaran, seorang marketing perlu menjalin hubungan baik dengan konsumen. Jika hubungan dapat dibangun dengan baik, maka proses pemasaran pun dapat berjalan lancar pula. Hal ini menjadi perbandingan yang selurus. Jika hubungan antar penjual dan konsumen buruk, maka proses pemasaran juga tidak berjalan dengan baik.

Seorang marketing perlu membuat komunikasi yang baik dengan konsumen. Marketer harus bersikap ramah, sabar, dan murah senyum. Setidaknya, marketer harus bisa menyikapi konsumen dengan baik.


3. Menganalisis dan melakukan riset terhadap pasar dan pelanggan

Apa saja yang perlu diawasi dan diamati dengan baik demi kelancaran proses pemasaran? Tentu saja target pasar dan pelanggan produk. Seorang marketing harus mengetahui target pasar yang akan mendapatkan produk.

Marketer juga perlu melakukan riset terhadap selera atau kriteria produk ideal yang dicari oleh pelanggan. Jika produk yang dimiliki memiliki banyak kekurangan dibanding milik kompetitor, seorang marketing harus bisa memastikan bahwa produknya memiliki keunggulan yang akan sangat membantu pelanggan yang membeli produk tersebut.


4. Melakukan pemasaran dan promosi

Dari namanya saja, seorang marketing berada di tengah-tengah proses pemasaran. Tentu saja seorang marketing harus memasarkan produk dengan caranya sendiri. Marketer juga akan terlibat dalam proses promosi.

Tujuan dari tugas marketer yang satu ini adalah untuk memperkenalkan produk kepada konsumen dengan menunjukkan berbagai komposisi, keunggulan, kualitas, fungsi dan harga. Marketer harus fokus terhadap permasalahan konsumen sehingga produk memiliki peran penting untuk menjadi solusi yang paling tepat.


5. Mengelola dan mengawasi media sosial

Karena memiliki tanggung jawab penuh terhadap pemasaran produk, seorang marketing perlu mengamatinya dan mengelola lapak tempat memasarkan produk. Saat ini, di era digital, sosial media hampir menjadi tempat pemasaran sekaligus transaksi yang utama.

Maka dari itu, seorang marketing harus bisa mengelola dan mengawasi sosial media. Seorang marketing dapat mengetahui trend yang bersifat inovatif untuk diterapkan dalam produknya atau sekadar berinteraksi dengan konsumen, hingga menganalisa sikap pelanggan terhadap produk.


Tugas marketing cukup banyak. Namun, jika kamu ingin bekerja dan terfokus pada satu bidang juga bisa kok. Yang penting kamu sudah tahu bahwa pada dasarnya, tugas seorang marketing seperti poin-poin di atas.


Universitas dengan jurusan marketing terbaik

Untuk jurusan marketing, berikut ini universitas-universitas terbaik menurut QS World University Rankings:

  • Columbia University
  • Imperial College London
  • HEC Paris
  • ESCP Europe Business School
  • Manchester University

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !