5 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Sistem Remote
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Sistem Remote

5 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Sistem Remote

Mahasiswa bisa kerja dari rumah? Tentu saja, ini dia pekerjaan-pekerjaan yang bisa di-apply

Semenjak pandemi, istilah WFH (Work from home) menjadi trend kerja baru. Bahkan, sistem kerja remote sudah banyak dilakukan dan menjadi tawaran menarik tersendiri. Bagi pelaku bisnis, kerja remote mengurangi biaya administrasi karena tidak perlu menyiapkan tempat kerja. Bagi kita, kerja remote mengurangi stress meskipun dibarengi dengan tanggung jawab yang lebih besar. 

Tahukah kamu? Walaupun remote, gaji para pekerja ini juga lumayan loh. Sudah bisa dikerjakan dimana saja, gak perlu biaya transportasi dan juga bisa dilakukan oleh para mahasiswa. Kira-kira, peluang kerja remote apa saja yang sedang naik daun saat ini?


Freelance

Pekerja lepas atau freelancer biasanya bekerja dengan sistem remote. Jenis dari pekerjaan lepas ini bermacam-macam. Mulai dari menjadi content writer, designer logo, illustrator, hingga proofreader. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang merupakan lulusan dari jurusan desain, sastra, ilmu komputer, dan seni menggambar.

Seorang freelance bisa mendapatkan gaji yang besar, namun tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Biasanya, seorang freelance harus mengumpulkan portofolio terlebih dahulu. Pendapatan freelance juga bervariasi. Ada yang Rp.2000.000 per bulan ada juga yang sampai puluhan juta untuk satu logo saja. 


Programmer

Jika kamu ingin menjadi programmer, kamu bisa banget bekerja dengan sistem remote. Pekerjaan ini bahkan tidak membuatmu harus pergi ke kantor karena rapat. Meeting-pun pun bisa dilakukan melalui aplikasi seperti google meet dan zoom.

Profesi ini bisa dicoba untuk kamu yang berasal dari jurusan ilmu komputer / sistem informasi, teknik informatika, teknik komputer, dan software engineering atau rekayasa perangkat lunak. Gaji seorang programmer remote bisa mencapai Rp.20.000.000 untuk pengalaman lebih dari 2 tahun. Apalagi jika kamu bisa dapat project dari luar negeri. Wih! Makin mantab lagi.

 

Virtual Assistant

Sudah paham dengan pekerjaan apa yang dilakukan oleh seorang virtual assistant? Kamu akan bekerja untuk memberikan layanan administratif dan dukungan bisnis secara remote atau online, sesuai namanya yaitu hanya virtual. Umumnya, tugas seorang virtual assistant ini antara lain entri data, asisten pribadi, melayani pelanggan, mengelola email dan media sosial.

Perusahaan yang menginginkan seorang assistant virtual biasanya menginginkan seorang pelamar dari jurusan administrasi perkantoran. Selain itu, mungkin masih bisa, namun harus memiliki riwayat pekerjaan yang meyakinkan.


Social Media Manager

Suka eksplor media sosial banyak untungnya juga lho. Jika kamu menguasai beragam media sosial seperti facebook, instagram, youtube dan twitter, maka kamu bisa menjadi social media manager yang bekerja secara remote. Tugas seorang social media manager adalah menganalisis data guna mendapatkan insight dari audiens, membagi tugas dan menjalankan akun-akun media sosial.

Umumnya, seorang social media manager merupakan lulusan dari jurusan komunikasi. Namun, jika kamu berasal dari jurusan lain yang berkatian, sudah memahami media sosial atau memiliki pengalaman kerja di bidang tersebut, maka kamu bisa saya melamar pekerjaan sebagai social media manager. Rata-rata pendapatan para social media specialist ini dimulai dari Rp.5.000.000 .


Translator

Memiliki keahlian berbahasa lebih dari satu ternyata memiliki keuntungan lho. Salah satunya adalah menjadi seorang penerjemah. Memangnya penerjemah bisa bekerja secara online atau remote? Tentu bisa, karena kamu bisa menerjemahkan buku, percakapan, hingga membuat tulisan dengan bahasa lain yang bisa dijual kepada orang lain.

Jenis bahasa yang bisa dipelajari ada banyak, sehingga kamu bisa memilih salah satu yang paling banyak dibutuhkan. Contoh bahasa yang kemungkinan memiliki peluang besar adalah bahasa inggris, jepang, korea, china, dan spanyol. Oleh karena itu, kamu harus berasal dari jurusan bahasa yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu pilih.


Tertarik untuk bekerja dengan sistem remote? 5 pekerjaan di atas bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk kamu karena pekerjaan-pekerjaan di atas sedang banyak dibutuhkan di tahun ini, bahkan untuk beberapa tahun mendatang. Kamu bisa mendapat informasi lowongan kerja remote di beberapa situs seperti LinkedIn, Upwork, freelancer dan forum-forum seperti “Kami kerja remote” di facebook. Selamat mencoba!

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !